< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Tips Sukses Membuka Bisnis Rumah Makan Padang

16 March 2020

Bila bicara tentang kuliner Indonesia yang populer, masakan Padang pasti jadi salah satu yang disebutkan. Kuliner dari Padang memang sangat disukai masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat dunia. Rendang, salah satu sajian kuliner Padang, bahkan telah beberapa kali terpilih menjadi makanan terlezat di dunia menurut CNN Travel. Itu sebabnya bila Anda berminat membuka usaha makanan, makanan khas Padang bisa jadi pilihan sajian dalam usaha makanan Anda.

Namun, tidak bisa disangkal bahwa usaha makanan yang menyajikan makanan khas Padang sudah sangat banyak di Indonesia. Lalu bagaimana caranya agar usaha makanan khas Padang yang ingin Anda dirikan bisa bertahan dan mencapai kesuksesan? Beberapa tips membuka usaha rumah makan Padang berikut ini bisa membantu Anda:

1. Prospek bisnis masakan Padang

Walaupun sudah banyak restoran dan warung Padang di berbagai daerah, tapi bisnis masakan Padang tetap cukup potensial, terutama bila Anda berhasil menciptakan 'produk' masakan Padang yang menarik dan, tentu saja, lezat. Faktor-faktor yang akan dibahas berikut ini akan sangat berpengaruh pada proses usaha masakan Padang yang ingin Anda mulai.

 2. Menu makanan

Dengan adanya begitu banyak restoran dan warung Padang, bagaimana caranya membuat menu masakan Padang yang menarik dan unik? Untungnya, kuliner Padang memiliki banyak variasi. Misalnya, sajian dendeng ala Padang bukan hanya Dendeng Balado saja, tapi juga Dendeng Batokok, Dendeng Manis, Dendeng Bakar, dll. Bahkan rendang pun memiliki berbagai variasi selain Rendang Daging Sapi, di antaranya Rendang Daging Kambing, Rendang Belut, Rendang Paru, Rendang Kering, dll. Lakukan riset untuk memilih menu makanan yang tidak bisa didapatkan di restoran dan warung Padang lainnya, lalu jadikan menu tersebut sebagai daya tarik di usaha makanan yang akan Anda mulai.

3. Survey Pasar

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, riset atau survey pasar sangat perlu dilakukan sebelum memulai usaha makanan. Riset tidak hanya diperlukan untuk menentukan menu makanan, tapi juga lokasi usaha makanan, harga jual, dan faktor lain dalam usaha Anda.

4. Persiapan bahan baku

Tentu saja, usaha makanan membutuhkan bahan baku yang segar dan berkualitas untuk bisa memproduksi sajian yang lezat. Apalagi bila Anda berencana memulai usaha makanan khas Padang yang tentu membutuhkan berbagai rempah untuk bumbunya. Pastikan Anda mendapatkan penyedia bahan baku yang berkualitas. Tidak ada salahnya juga bila Anda bisa mendapatkan bahan baku, termasuk rempah-rempah, secara langsung dari produsen atau petani-nya.

 5. Lokasi yang Strategis

Lokasi merupakan faktor penting bagi usaha makanan Anda. Untuk menentukan lokasi yang strategis, Anda perlu memperhatikan pula faktor lain seperti pasar yang ingin Anda tuju serta harga jual makanan Anda. Misalnya, bila harga jual makanan Anda cukup tinggi, lokasi seperti pasar atau kampus tentu kurang cocok. Lokasi seperti pusat perbelanjaan atau perkantoran tentu lebih tepat.

6.  Harga Jual

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, harga jual masakan Anda harus Anda tentukan dengan cermat. Faktor seperti bahan baku dan jenis menu yang akan Anda siapkan merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh harga jual.

7. Pelayanan

Makanan yang lezat tentu akan menarik pelanggan. Namun, bila makanan yang lezat tidak dibarengi dengan pelayanan yang baik, pelanggan akan ragu untuk kembali mengunjungi usaha makanan Anda. Karena itu, pastikan Anda memiliki staf yang siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda.

8. Kebersihan

Dalam usaha makanan, kebersihan merupakan faktor yang sangat penting. Kalau pelanggan Anda melihat restoran yang kotor, penuh serangga, atau bahkan tikus, tentu mereka tidak akan mau kembali lagi mengunjungi restoran Anda.

 

Memang ada banyak faktor yang harus jadi perhatian Anda sebelum memulai usaha makanan. Tapi bila Anda siap dengan berbagai faktor tersebut, peluang usaha makanan Anda untuk sukses pun tetap besar. Apalagi bila Anda jeli memulai usaha makanan khas Padang yang menarik. Tidak sedikit pengusaha yang berhasil membuat sajian khas Padang yang baru dan unik, kok. Apakah Anda bisa menjadi seperti mereka?


Berita Terkait