< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Tips Membuat Soto Lamongan Harum dan Enak

11 November 2019

Kuliner soto di Indonesia cukup beragam dan setiap daerah memiliki soto khas masing-masing. Beberapa macam soto di Indonesia antara lain soto Madura, soto Banjar, soto Betawi, soto Bandung, soto Lamongan, dan masih banyak lagi. Dari berbagai jenis soto yang ada, soto Lamongan menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Kuahnya yang kaya akan rempah dan taburan koyanya yang khas, menjadikan soto ini menjadi istimewa. Soto ayam Lamongan ini dapat Anda temui di berbagai daerah di Indonesia dengan harga sekitar Rp 20.000,00-an. Untuk membuat soto ayam Lamongan yang harum dan enak, simak beberapa tips ini:

 

1. Gunakan ayam kampung sebagai bahan utama

 

Soto Lamongan menggunakan daging kambing sebagai bahan utama. Untuk ciptakan rasa yang nikmat, ada baiknya Anda memilih ayam kampung dibandingkan dengan ayam sayur. Ayam kampung akan memberikan rasa yang lebih gurih ke kuah soto dibandingkan ketika menggunakan ayam sayur atau ayam potong. Selain itu, ayam kampung lebih sehat bila dibandingkan dengan ayam sayur meskipun harganya relatif lebih mahal. 

 

2. Rebus ayam dengan air dingin atau air biasa

 

Rebus ayam dengan menggunakan air dingin atau air biasa bisa membuat daging matang sempurna dan kaldu yang tercipta akan lebih gurih dan kental bila dibandingkan dengan menggunakan air hangat. Lemak pada daging ayam akan keluar lebih banyak saat merebusnya dengan air dingin karena pemanasan air dingin akan membutuhkan waktu yang cukup lama juga. 

 

3. Jangan lupakan kemiri dan kunyit pada bumbu halus

 

Untuk bumbu soto Lamongan Anda tidak boleh melewatkan kemiri dan kunyit meskipun dalam penggunaannya tidak terlalu banyak. Kemiri sebaiknya disangrai terlebih dahulu sebelum dihaluskan agar minyak pada kemiri dapat keluar dan membuat makanan semakin sedap. Kemiri akan membuat aroma pada bumbu soto ayam Lamongan menjadi lebih harum dan lezat, sedangkan kunyit akan memberikan aroma nikmat dan juga warna yang lebih cerah pada kuah soto Lamongan.

 

4. Pastikan bumbu benar-benar halus sebelum dimasak

 

Pastikan bahwa semua bumbu soto ayam Lamongan benar-benar halus sebelum dimasak. Hal ini tentu akan berpengaruh kepada cita rasa soto ayam Lamongan tersebut. Anda bisa menghaluskan secara manual atau dengan menggunakan blender. 

 

5. Rebus bumbu bersamaan dengan ayam

 

Untuk dapatkan kuah dan daging ayam yang nikmat, anda perlu merebus bumbu bersamaan dengan daging ayam. Bumbu akan meresap hingga ke dalam daging sehingga rasanya benar-benar nikmat saat disuwir-suwir. 

 

6. Buat koya sendiri

 

Salah satu yang tidak boleh terlewatkan untuk disajikan bersama soto Lamongan adalah koya. Pembuatannya cukup mudah karena Anda hanya perlu menghaluskan kerupuk udang bersamaan dengan bawang putih goreng. Untuk dapatkan hasil yang sempurna, ada baiknya untuk membuat sendiri bubuk koya dan pilih bahan terbaik untuk membuatnya. Simpan di tempat kering. 

 

Itulah cara membuat soto Lamongan dan tips untuk mendapatkansoto Lamonganyang nikmat dan lezat. Untuk dapatkan kaldu ayam yang lebih nikmat, gunakan RoycoBumbu Pelezat Rasa Ayam yang terbuat dari daging ayam pilihan yang direbus lama dan rempah pilihan sehingga memberikan rasa kaldu yang mantap dan membuat makanan semakin lezat. Ciptakan sajian lezat bersama Royco Bumbu Pelezat Rasa Ayam.


Berita Terkait