< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Soto Lenthok Khas Jogja yang Legendaris

17 March 2020

Makanan apa saja yang biasanya Anda nikmati saat berkunjung ke Jogja? Gudeg memang selalu jadi primadona. Selain gudeg, sebenarnya banyak makanan lain yang tak kalah nikmat, salah satunya adalah soto lenthok. Varian soto yang satu ini sangat istimewa dan berbeda dengan jenis soto nusantara lainnya. Ketika Anda berkunjung ke Jogja, sebaiknya Anda menyempatkan waktu untuk menikmati sajian soto lenthok.

Mau tahu lebih banyak tentang keistimewaan soto lenthok Jogja yang legendaris? Inilah ulasan selengkapnya!

  1. Lenthok Sebagai Primadona Utama

Bila dilihat sekilas, soto lenthok sangat mirip dengan soto Kudus yang kuahnya bening dan terdiri dari campuran sohun, suwiran daging ayam, dan taoge. Ciri khas soto yang satu ini terletak pada perkedel ketela yang disebut lenthok. Lenthok memang tak dapat ditemui pada varian soto lain. Perpaduan lenthok yang gurih dan kuah soto hangat membuat cita rasa soto lenthok jadi semakin sempurna.

Selain mendapatkan satu potong lenthok dalam seporsi soto, biasanya lenthok juga disajikan sebagai menu tambahan terpisah yang bisa disantap sesuka hati. Sepotong lenthok dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau sehingga Anda bisa menyantapnya dalam jumlah banyak.

  1. Membuat Lenthok Ternyata Tidak Sulit

Kalau Anda punya waktu senggang, Anda bisa membuat lenthok sendiri di rumah sebagai menu pelengkap soto. Ikuti saja resep dan cara pembuatannya berikut ini:

Bahan-Bahan:

1 kg singkong yang direbus dengan daun salam dan dihaluskan

Bawang merah dan bawang putih yang diiris tipis

Garam dan merica secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  • Gorenglah bawang merah dan bawang putih yang sudah diiris tipis hingga matang dan harum.
  • Campurkan bawang merah dan bawang putih goreng dengan singkong yang sudah direbus dan dihaluskan. Aduk campuran tersebut sampai merata sambil menambahkan garam dan merica secukupnya.
  • Adonan lenthok yang sudah tercampur rata bisa segera dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil.
  • Gorenglah adonan lenthok dalam minyak panas dengan api sedang. Lenthok yang sudah berwarna kuning keemasan dapat segera diangkat dan siap disajikan sebagai pelengkap soto. Agar lebih lezat Anda bisa tambahkan Bango Kecap Manis sesuai selera.
  1. Soto Lenthok Juga Diberi Tambahan Kemangi

Selain lenthok, soto khas Jogja ini juga memiliki ciri khas lain berupa tambahan daun kemangi. Pelengkap berupa daun kemangi membuat soto lenthok memiliki aroma khas yang sangat sedap. Jadi, memang tak mengherankan bila sajian soto ini tidak hanya disukai masyarakat Jogja, tetapi juga para wisatawan.

  1. Rekomendasi Soto Lenthok Nikmat di Jogja

Bila nanti Anda berkunjung ke Jogja, Anda dapat menikmati soto lenthok nikmat di beberapa destinasi wisata kuliner berikut ini:

  • Soto Lenthok Pak Gareng

Kedai soto milik Pak Gareng ini terletak di Jl. Damai No. 108, Sinduharjo, Sleman. Ciri khas soto lenthok Pak Gareng adalah ukuran lenthoknya yang cukup besar. Anda bisa menikmati soto lenthok yang disajikan dengan cara dicampur atau dipisah.

  • Soto Moneter

Warung soto yang berlokasi di Jl. Ringroad Timur ini memang memiliki nama yang unik. Nama Soto Moneter tercetus karena warung ini sudah berdiri sejak masa krisis moneter tahun 1998. Sebaiknya Anda berkunjung ke warung Soto Moneter sebelum jam makan siang supaya tidak kehabisan.

  • Soto Lenthok 21

Membahas tentang soto lenthok memang belum lengkap jika tidak menyebut soto Lenthok 21 di Jl. Sugeng Jeroni, Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta. Soto Lenthok 21 disajikan dengan berbagai makanan pelengkap yang bebas Anda pilih sesuai selera, mulai dari sate jeroan ayam, sate telur puyuh, gorengan, paha, dan kepala ayam kampung, hingga kerupuk.

 

Jika sedang bosan dengan soto yang itu-itu saja, soto lenthok bisa menjadi alternatif hidangan yang istimewa. Kelezatan seporsi soto ayam bening akan semakin istimewa dengan tambahan kemangi dan lenthok yang cita rasanya unik.


Berita Terkait

Mengenal Asal Usul Sate Taichan
Berita

Mengenal Asal Usul Sate Taichan

11 November 2019

Rahasia Gurihnya Soto Betawi
Berita

Rahasia Gurihnya Soto Betawi

11 November 2019

Rahasia Sedapnya Sate Madura
Berita

Rahasia Sedapnya Sate Madura

11 November 2019