< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Semangkuk Soto Padang Legendaris

14 October 2019

Walaupun merupakan negara tropis, Indonesia tidak kekurangan pilihan sajian berkuah yang bisa menghangatkan tubuh. Berbagai variasi sajian semur, sop, mie, bakso, dll bisa jadi andalan saat udara terasa lebih dingin. Tapi dari semua macam sajian berkuah tersebut, ada satu hidangan yang variasinya begitu beragam hingga bisa ditemukan di berbagai daerah, yaitu sajian soto. Dari sekian banyak ragam sajian soto di Indonesia, salah satu yang paling populer adalah Soto Padang.


SEJARAH SOTO DI INDONESIA


Seperti banyak kuliner lain di Indonesia, soto merupakan hasil akulturasi budaya antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat pendatang. Soto muncul sebagai hasil interaksi masyarakat Indonesia dengan bangsa Tiongkok yang datang ke Indonesia. Menurut Dennys Lombard dalam buku “Nusa Jawa: Silang Budaya”, soto merupakan transformasi dari hidangan Tiongkok yang disebut Caudo. Itu pula sebabnya soto memiliki beberapa nama panggilan yang berbeda di beberapa daerah, seperti Coto di Makassar, Tauto di Pekalongan, dll. Tapi di sebagian besar daerah di Indonesia, nama ‘Caudo’ berubah jadi ‘Soto’.

Caudo yang masuk ke Indonesia bersama bangsa Tiongkok pun mengalami perubahan sesuai dengan budaya dan selera masyarakat Indonesia di tiap daerah. Ada soto yang menggunakan santan, ada yang tidak. Ada soto yang menggunakan daging tanpa jeroan, ada soto yang menjadikan jeroan sebagai isian utamanya. Ada begitu banyak varian soto di Indonesia dengan keunikan dan keistimewaannya masing-masing, bahkan membuat sajian soto tersebut menjadi masakan khas dari tiap daerah.


KEUNIKAN SOTO PADANG


Kalau bicara soal kuliner Minang, kita akan langsung teringat sajian seperti rendang atau Sate Padang. Tapi popularitas Soto Padang tidak kalah dengan 2 sajian tersebut. Maklum, penggemar Soto Padang memang tidak sedikit. Di antara berbagai sajian soto dari Indonesia, Soto Padang berhasil tampil beda dengan banyak keunikan dan kelezatan khas yang tidak ditemukan di sajian soto lain dari Indonesia. Apa saja keunikan Soto Padang?


1. Cara pengolahan


Varian soto yang menggunakan isian daging sapi memang bukan cuma Soto Padang. Tapi yang menjadi pembeda pada sajian Soto Padang adalah daging sapi dalam Soto Padang terasa lebih renyah. Tekstur renyah ini didapat karena daging sapi yang menjadi isian Soto Padang dipotong kecil-kecil dulu dan dibuat menjadi dendeng dulu. Setelah itu, daging sapi digoreng, sebelum akhirnya dicampur dengan kaldu dan bahan-bahan soto lainnya. Tahapan penggorengan inilah yang membuat daging sapi pada Soto Padang terasa renyah, walaupun tentu tetap empuk dan tidak keras.


2. Bumbu kaldu


Kaldu Soto Padang merupakan kaldu sapi yang dibumbui dengan beberapa bahan yang sering dijumpai dalam berbagai resep soto, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dll. Namun, rasa kuah kaldu Soto Padang jadi semakin kaya dengan penambahan berbagai rempah bunga lawang, cengkeh, dan kapulaga. Bahan seperti daun jeruk, daun salam, dan sereh pun digunakan, memberikan rasa segar pada kuah kaldu Soto Padang. Beberapa resep juga menyebutkan penambahan cuka, sehingga rasa kuah kaldu Soto Padang terasa sedikit asam, namun segar.


3. Bahan pendamping


Sejalan dengan banyaknya ragam soto di Indonesia, banyak pula ragam jenis kerupuk yang mendampingi hidangan soto, mulai dari kerupuk udang, emping, kerupuk beras (gendar), dll. Tapi kerupuk yang jadi teman setia Soto Padang adalah kerupuk merah muda yang terbuat dari tepung tapioka. Uniknya, kerupuk merah muda ini bisa disajikan bersama soun, daging sapi, dan bahan isian soto lainnya di dalam mangkuk, sehingga kerupuk disiram oleh kuah kaldu soto yang masih panas. Kerupuk memang jadi lembek dan tidak renyah akibat terkena guyuran kuah. Tapi hasilnya adalah kerupuk yang kenyal dan gurih, sehingga memperkaya cita rasa Soto Padang. Untuk Anda yang menyukai kerupuk yang renyah, tak usah khawatir, karena biasanya ada kerupuk merah jambu yang disajikan secara terpisah pula.


SOTO PADANG NIKMAT DI JAKARTA


Karena popularitasnya, Soto Padang cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Anda yang ingin menikmati kelezatan Soto Padang tak perlu harus jauh-jauh ke Padang, kok. Ada banyak tempat yang menyediakan Soto Padang yang nikmat. Di Jakarta, ada beberapa tempat yang selalu jadi andalan untuk mencari Soto Padang yang lezat dan otentik, di antaranya:


1. Soto Padang H. St. Mangkuto


Restoran yang satu ini bisa dibilang legendaris di Jakarta. Alm. Bondan Winarno dalam bukunya “100 Maknyus Jakarta” bahkan menyebut Soto Padang H. St. Mangkuto sebagai perintis Soto Padang di Jakarta. Maklum, restoran H. St. Mangkuto ini sudah menjual Soto Padang di Jakarta sejak tahun 1966. Sebelum pindah ke Jakarta, usaha keluarga ini sudah mulai menjual soto di Padang sejak tahun 1942. Selama bertahun-tahun berjualan Soto Padang, racikan bumbu di restoran ini bahkan tidak berubah sampai sekarang. Saking populernya Soto Padang di restoran ini, tidak sedikit orang dari wilayah lain di Jakarta yang rela datang ke restoran yang berlokasi di Pasar Baru ini untuk menikmati semangkuk Soto Padang H. Mangkuto. Pejabat dan selebritis pun tak jarang jadi pelanggan di restoran ini.


Soto Padang memang menjadi menu andalan restoran ini. Restoran ini bahkan tidak menyajikan menu lain selain Soto Padang. Menu sate Padang dan nasi goreng rendang baru beberapa tahun belakangan ini hadir di restoran tersebut akibat tingginya permintaan. Jadi, kualitas dan rasa Soto Padang H. Mangkuto tentu terjaga. Selain itu, walaupun populer dan banyak dicari, restoran Soto Padang H. St. Mangkuto hanya memiliki 2 cabang, yaitu di Pasar Baru dan Kebayoran. Semuanya demi menjaga kualitas dan rasa hidangan!


Kunci kesuksesan Soto Padang H. St. Mangkuto adalah pemakaian berbagai bumbu dan rempah yang digunakan untuk membuat kuah kaldunya. Konon, soto Padang di restoran ini dibuat dengan 3 bumbu dasar, yaitu bumbu kering, bumbu basah, dan bumbu tumis. Itulah sebabnya kuah kaldu Soto Padang H. St. Mangkuto terasa lebih kental dan kaya rasa. Selain itu, daging sapi yang menjadi isian Soto Padang juga sangat renyah. Tekstur daging sapi ini didapat setelah proses perebusan selama 1 jam dan proses menggoreng selama 1 jam! Kelezatan Soto Padang H. Mangkuto memang sudah diakui banyak orang. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?


2. Soto Padang RM. Bunda


Di daerah Bendungan Hilir, ada sebuah restoran yang punya banyak pelanggan setia akibat menu Soto Padang-nya yang lezat, yaitu RM Bunda. Salah satu keistimewaan Soto Padang di restoran ini adalah pelanggan bisa memilih isian Soto Padang yang mereka inginkan. Ada 3 pilihan Soto Padang yang bisa dipilih pelanggan, yaitu Soto Padang Daging, Soto Padang Paru, dan Soto Padang Campur. Penambahan paru sebagai isian soto tentu menambah kelezatan dan rasa gurih soto.


Selain Soto Padang, restoran ini juga menyediakan banyak menu lainnya, seperti ketupat sayur, nasi goreng, mie rebus, dan kuliner Minang lainnya. Selain itu, ada menu pisang goreng ketan yang juga banyak penggemarnya. Jadi, ada banyak pilihan sajian yang bisa menikmati Soto Padang yang Anda pesan di rumah makan ini.


3. Soto Padang H. Ajo Manih


Walau disiapkan dengan berbagai bumbu dan rempah, soto padang pun memiliki sedikit variasi. Ada Soto Padang yang memiliki kuah kaldu yang bening, ada yang memiliki kuah kaldu kental dan kecoklatan. Nah, Soto Padang H. Ajo Manih ini merupakan tipe Soto Padang yang memiliki kuah kaldu bening. Namun walaupun kuahnya bening, bukan berarti kuah kaldunya tidak kaya rasa, lho. Soto Padang H. Ajo Manih yang terletak di Rawamangun ini tetap lezat dan tidak kalah populer dengan sajian Sate Padang-nya yang juga banyak penggemarnya. Jadi, saat Anda mampir ke rumah makan ini, jangan hanya memesan Sate Padang-nya saja.


4. Soto Padang Cik Uniang


Rumah makan Cik Uniang berada di Jembatan Penghubung ITC-Mal Ambassador. Rumah makan ini tidak hanya menyajikan Soto Padang saja, tapi juga kuliner Minang lain seperti kepala kakap, rendang, otak ikan, dll. Namun, menu Soto Padang merupakan salah satu menu yang populer di rumah makan ini, hingga cepat terjual habis. Walaupun rumah makan beroperasi hingga jam 8 malam, menu Soto Padang di rumah makan ini biasanya sudah terjual habis pada jam makan siang. Jadi, Anda yang ingin mencicipi Soto Padang di sini sebaiknya datang dari siang, ya.


Apa yang membuat Soto Padang Cik Uniang begitu istimewa? Ternyata rasa gurih kuah kaldu Soto Padang yang keruh kental menjadi daya tarik utama. Cita rasa kuah kaldu Soto Padang ini tidak hanya didapat dari berbagai bumbu dan rempah yang digunakan, tapi juga dari penambahan sumsum sapi dalam rebusan tulang saat membuat kuah kaldu soto. Tak heran kalau cita rasanya begitu lezat!


5. Soto Padang Minang Nusantara


Warung Soto Padang di daerah Gandaria ini hanya beroperasi di malam hari, tepatnya dari jam 5 sore hingga jam 1 malam. Cita rasa kuah kaldunya sangat mantap berkat bumbu dan rempah yang konon didatangkan langsung dari Padang. Dilengkapi dengan daging dendeng, paru, soun, perkedel, dan irisan daun bawang, Soto Padang ini siap menghangatkan tubuh dan memuaskan lidah Anda.

 

MEMBUAT SOTO PADANG SENDIRI


Soto Padang memang tidak sulit dicari di Jakarta. Tapi Anda pun bisa mencoba membuat Soto Padang sendiri di rumah. Proses yang cukup membutuhkan waktu adalah tahap pembuatan kuah kaldu, karena daging sapi perlu direbus selama beberapa saat bersama bumbu dan rempah untuk membuat kuah kaldu yang gurih dan lezat. Setelah itu, daging sapi yang telah direbus kemudian dipotong kecil, lalu digoreng. Tapi waktu dan usaha yang Anda lakukan untuk membuat kuah kaldu ini pasti sebanding dengan cita rasa sajian yang Anda siapkan.


Selain menyiapkan kuah kaldu dan daging sapi, jangan lupa juga menyiapkan bahan tambahan lain seperti perkedel, soun, kerupuk, dll. Sajian Soto Padang lezat pun siap untuk keluarga Anda. Selamat mencoba!


Sumber :


saribundo.biz/ini-khasnya-soto-padang-tanah-andalas.html

travel.tempo.co/read/1081729/soto-padang-kuah-cabai-dan-kerupuk-merah-jambunya-yang-khas/full&view=ok

food.detik.com/info-kuliner/d-4439437/diracik-sejak-tahun-1942-soto-padang-h-st-mangkuto-tak-pernah-berubah-rasanya

kumparan.com/@kumparanfood/hmm-gurihnya-kuah-kaldu-soto-padang-legendaris-h-st-mangkuto-1r2stvhbDvT

travel.kompas.com/read/2013/08/13/0838269/Soto.Padang.Legendaris.

wartakota.tribunnews.com/2013/04/20/pisang-goreng-ala-rm-bunda-bendungan-hilir

travel.kompas.com/read/2011/05/09/08112518/Lezatnya.Soto.Padang.dan.Pisang.Ketan

food.detik.com/info-kuliner/d-3214529/soto-padang-yang-segar-berempah-ada-di-4-tempat-ini

lifestyle.kontan.co.id/news/rasa-sotonya-bikin-tambuah-ciek-terus

nibble.id/blog/7-soto-padang-di-jakarta-yang-lamak-bana/



Berita Terkait