Kembali ke Inspirasi dan Promo

Semangkuk Soto Padang Legendaris

Image Banner

14 October 2019

Walaupun merupakan negara tropis, Indonesia tidak kekurangan pilihan sajian berkuah yang bisa menghangatkan tubuh. Berbagai variasi sajian semur, sop, mie, bakso, dll bisa jadi andalan saat udara terasa lebih dingin. Tapi dari semua macam sajian berkuah tersebut, ada satu hidangan yang variasinya begitu beragam hingga bisa ditemukan di berbagai daerah, yaitu sajian soto. Dari sekian banyak ragam sajian soto di Indonesia, salah satu yang paling populer adalah Soto Padang.

SEJARAH SOTO DI INDONESIA

Seperti banyak kuliner lain di Indonesia, soto merupakan hasil akulturasi budaya antara masyarakat Indonesia dengan masyarakat pendatang. Soto muncul sebagai hasil interaksi masyarakat Indonesia dengan bangsa Tiongkok yang datang ke Indonesia. Menurut Dennys Lombard dalam buku “Nusa Jawa: Silang Budaya”, soto merupakan transformasi dari hidangan Tiongkok yang disebut Caudo. Itu pula sebabnya soto memiliki beberapa nama panggilan yang berbeda di beberapa daerah, seperti Coto di Makassar, Tauto di Pekalongan, dll. Tapi di sebagian besar daerah di Indonesia, nama ‘Caudo’ berubah jadi ‘Soto’.

Caudo yang masuk ke Indonesia bersama bangsa Tiongkok pun mengalami perubahan sesuai dengan budaya dan selera masyarakat Indonesia di tiap daerah. Ada soto yang menggunakan santan, ada yang tidak. Ada soto yang menggunakan daging tanpa jeroan, ada soto yang menjadikan jeroan sebagai isian utamanya. Ada begitu banyak varian soto di Indonesia dengan keunikan dan keistimewaannya masing-masing, bahkan membuat sajian soto tersebut menjadi masakan khas dari tiap daerah.

KEUNIKAN SOTO PADANG

Kalau bicara soal kuliner Minang, kita akan langsung teringat sajian seperti rendang atau Sate Padang. Tapi popularitas Soto Padang tidak kalah dengan 2 sajian tersebut. Maklum, penggemar Soto Padang memang tidak sedikit. Di antara berbagai sajian soto dari Indonesia, Soto Padang berhasil tampil beda dengan banyak keunikan dan kelezatan khas yang tidak ditemukan di sajian soto lain dari Indonesia. Apa saja keunikan Soto Padang?

1. Cara pengolahan

Varian soto yang menggunakan isian daging sapi memang bukan cuma Soto Padang. Tapi yang menjadi pembeda pada sajian Soto Padang adalah daging sapi dalam Soto Padang terasa lebih renyah. Tekstur renyah ini didapat karena daging sapi yang menjadi isian Soto Padang dipotong kecil-kecil dulu dan dibuat menjadi dendeng dulu. Setelah itu, daging sapi digoreng, sebelum akhirnya dicampur dengan kaldu dan bahan-bahan soto lainnya. Tahapan penggorengan inilah yang membuat daging sapi pada Soto Padang terasa renyah, walaupun tentu tetap empuk dan tidak keras.

2. Bumbu kaldu

Kaldu Soto Padang merupakan kaldu sapi yang dibumbui dengan beberapa bahan yang sering dijumpai dalam berbagai resep soto, seperti bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, dll. Namun, rasa kuah kaldu Soto Padang jadi semakin kaya dengan penambahan berbagai rempah bunga lawang, cengkeh, dan kapulaga. Bahan seperti daun jeruk, daun salam, dan sereh pun digunakan, memberikan rasa segar pada kuah kaldu Soto Padang. Beberapa resep juga menyebutkan penambahan cuka, sehingga rasa kuah kaldu Soto Padang terasa sedikit asam, namun segar.

3. Bahan pendamping

Sejalan dengan banyaknya ragam soto di Indonesia, banyak pula ragam jenis kerupuk yang mendampingi hidangan soto, mulai dari kerupuk udang, emping, kerupuk beras (gendar), dll. Tapi kerupuk yang jadi teman setia Soto Padang adalah kerupuk merah muda yang terbuat dari tepung tapioka. Uniknya, kerupuk merah muda ini bisa disajikan bersama soun, daging sapi, dan bahan isian soto lainnya di dalam mangkuk, sehingga kerupuk disiram oleh kuah kaldu soto yang masih panas. Kerupuk memang jadi lembek dan tidak renyah akibat terkena guyuran kuah. Tapi hasilnya adalah kerupuk yang kenyal dan gurih, sehingga memperkaya cita rasa Soto Padang. Untuk Anda yang menyukai kerupuk yang renyah, tak usah khawatir, karena biasanya ada kerupuk merah jambu yang disajikan secara terpisah pula.

SOTO PADANG NIKMAT DI JAKARTA

Karena popularitasnya, Soto Padang cukup mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Anda yang ingin menikmati kelezatan Soto Padang tak perlu harus jauh-jauh ke Padang, kok. Ada banyak tempat yang menyediakan Soto Padang yang nikmat. Di Jakarta, ada beberapa tempat yang selalu jadi andalan untuk mencari Soto Padang yang lezat dan otentik, di antaranya:

1. Soto Padang H. St. Mangkuto

Restoran yang satu ini bisa dibilang legendaris di Jakarta. Alm. Bondan Winarno dalam bukunya “100 Maknyus Jakarta” bahkan menyebut Soto Padang H. St. Mangkuto sebagai perintis Soto Padang di Jakarta. Maklum, restoran H. St. Mangkuto ini sudah menjual Soto Padang di Jakarta sejak tahun 1966. Sebelum pindah ke Jakarta, usaha keluarga ini sudah mulai menjual soto di Padang sejak tahun 1942. Selama bertahun-tahun berjualan Soto Padang, racikan bumbu di restoran ini bahkan tidak berubah sampai sekarang. Saking populernya Soto Padang di restoran ini, tidak sedikit orang dari wilayah lain di Jakarta yang rela datang ke restoran yang berlokasi di Pasar Baru ini untuk menikmati semangkuk Soto Padang H. Mangkuto. Pejabat dan selebritis pun tak jarang jadi pelanggan di restoran ini.

Soto Padang memang menjadi menu andalan restoran ini. Restoran ini bahkan tidak menyajikan menu lain selain Soto Padang. Menu sate Padang dan nasi goreng rendang baru beberapa tahun belakangan ini hadir di restoran tersebut akibat tingginya permintaan. Jadi, kualitas dan rasa Soto Padang H. Mangkuto tentu terjaga. Selain itu, walaupun populer dan banyak dicari, restoran Soto Padang H. St. Mangkuto hanya memiliki 2 cabang, yaitu di Pasar Baru dan Kebayoran. Semuanya demi menjaga kualitas dan rasa hidangan!

Kunci kesuksesan Soto Padang H. St. Mangkuto adalah pemakaian berbagai bumbu dan rempah yang digunakan untuk membuat kuah kaldunya. Konon, soto Padang di restoran ini dibuat dengan 3 bumbu dasar, yaitu bumbu kering, bumbu basah, dan bumbu tumis. Itulah sebabnya kuah kaldu Soto Padang H. St. Mangkuto terasa lebih kental dan kaya rasa. Selain itu, daging sapi yang menjadi isian Soto Padang juga sangat renyah. Tekstur daging sapi ini didapat setelah proses perebusan selama 1 jam dan proses menggoreng selama 1 jam! Kelezatan Soto Padang H. Mangkuto memang sudah diakui banyak orang. Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

2. Soto Padang RM. Bunda

Di daerah Bendungan Hilir, ada sebuah restoran yang punya banyak pelanggan setia akibat menu Soto Padang-nya yang lezat, yaitu RM Bunda. Salah satu keistimewaan Soto Padang di restoran ini adalah pelanggan bisa memilih isian Soto Padang yang mereka inginkan. Ada 3 pilihan Soto Padang yang bisa dipilih pelanggan, yaitu Soto Padang Daging, Soto Padang Paru, dan Soto Padang Campur. Penambahan paru sebagai isian soto tentu menambah kelezatan dan rasa gurih soto.

Selain Soto Padang, restoran ini juga menyediakan banyak menu lainnya, seperti ketupat sayur, nasi goreng, mie rebus, dan kuliner Minang lainnya. Selain itu, ada menu pisang goreng ketan yang juga banyak penggemarnya. Jadi, ada banyak pilihan sajian yang bisa menikmati Soto Padang yang Anda pesan di rumah makan ini

3. Soto Padang H. Ajo Manih

Walau disiapkan dengan berbagai bumbu dan rempah, soto padang pun memiliki sedikit variasi. Ada Soto Padang yang memiliki kuah kaldu yang bening, ada yang memiliki kuah kaldu kental dan kecoklatan. Nah, Soto Padang H. Ajo Manih ini merupakan tipe Soto Padang yang memiliki kuah kaldu bening. Namun walaupun kuahnya bening, bukan berarti kuah kaldunya tidak kaya rasa, lho. Soto Padang H. Ajo Manih yang terletak di Rawamangun ini tetap lezat dan tidak kalah populer dengan sajian Sate Padang-nya yang juga banyak penggemarnya. Jadi, saat Anda mampir ke rumah makan ini, jangan hanya memesan Sate Padang-nya saja.

4. Soto Padang Cik Uniang

Rumah makan Cik Uniang berada di Jembatan Penghubung ITC-Mal Ambassador. Rumah makan ini tidak hanya menyajikan Soto Padang saja, tapi juga kuliner Minang lain seperti kepala kakap, rendang, otak ikan, dll. Namun, menu Soto Padang merupakan salah satu menu yang populer di rumah makan ini, hingga cepat terjual habis. Walaupun rumah makan beroperasi hingga jam 8 malam, menu Soto Padang di rumah makan ini biasanya sudah terjual habis pada jam makan siang. Jadi, Anda yang ingin mencicipi Soto Padang di sini sebaiknya datang dari siang, ya.

Apa yang membuat Soto Padang Cik Uniang begitu istimewa? Ternyata rasa gurih kuah kaldu Soto Padang yang keruh kental menjadi daya tarik utama. Cita rasa kuah kaldu Soto Padang ini tidak hanya didapat dari berbagai bumbu dan rempah yang digunakan, tapi juga dari penambahan sumsum sapi dalam rebusan tulang saat membuat kuah kaldu soto. Tak heran kalau cita rasanya begitu lezat!

5. Soto Padang Minang Nusantara

Warung Soto Padang di daerah Gandaria ini hanya beroperasi di malam hari, tepatnya dari jam 5 sore hingga jam 1 malam. Cita rasa kuah kaldunya sangat mantap berkat bumbu dan rempah yang konon didatangkan langsung dari Padang. Dilengkapi dengan daging dendeng, paru, soun, perkedel, dan irisan daun bawang, Soto Padang ini siap menghangatkan tubuh dan memuaskan lidah Anda.

MEMBUAT SOTO PADANG SENDIRI

Soto Padang memang tidak sulit dicari di Jakarta. Tapi Anda pun bisa mencoba membuat Soto Padang sendiri di rumah. Proses yang cukup membutuhkan waktu adalah tahap pembuatan kuah kaldu, karena daging sapi perlu direbus selama beberapa saat bersama bumbu dan rempah untuk membuat kuah kaldu yang gurih dan lezat. Setelah itu, daging sapi yang telah direbus kemudian dipotong kecil, lalu digoreng. Tapi waktu dan usaha yang Anda lakukan untuk membuat kuah kaldu ini pasti sebanding dengan cita rasa sajian yang Anda siapkan.

Selain menyiapkan kuah kaldu dan daging sapi, jangan lupa juga menyiapkan bahan tambahan lain seperti perkedel, soun, kerupuk, dll. Sajian Soto Padang lezat pun siap untuk keluarga Anda. Selamat mencoba!


Berita Lainnya

Nasi Goreng Mawut Khas Malang

Oct 14, 2019

Nasi Goreng Mawut Khas Malang

Mau makan nasi goreng atau mie goreng? Kalau bingung, santap saja keduanya! Salah satu sajian nasi goreng khas Indonesia, yaitu Nasi Goreng Mawut, memadukan kelezatan nasi goreng dan mie goreng dalam satu sajian. Namanya yang unik memang menunjukkan keistimewaan sajian nasi goreng ini. Bayangkan saja, mie basah ditambahkan dalam nasi goreng bersama kol, sayuran, dan suwiran daging ayam. Bahan-bahan lain seperti sosis, daun bawang, atau bahan lan kesukaan Anda juga bisa Anda tambahkan. Pasti mengenyangkan, bukan?Nasi Goreng Mawut adalah sajian nasi goreng yang dikenal juga sebagai Nasi Goreng Magelangan. Ada sumber yang mengatakan nasi goreng ini merupakan sajian khas Malang, tapi ada juga sumber yang menyebutkan Magelang sebagai kota asal sajian ini. Yang pasti, nasi goreng ini memang berasal dari Jawa, karena memiliki gaya yang mirip dengan Nasi Goreng Jawa. Bumbu yang digunakan pun serupa dengan bumbu Nasi Goreng Jawa, yaitu bawang putih, bawang merah, cabai, dan terasi. Pembeda utama antara Nasi Goreng Mawut dengan Nasi Goreng Jawa adalah penambahan mie basah yang membuat sajian nasi goreng menjadi semakin unik dan menarik.Ingin mencoba membuat Nasi Goreng Mawut sendiri? Walaupun relatif mudah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat Nasi Goreng Mawut, di antaranya:1. Pilih mie yang tepatMie yang digunakan dalam Nasi Goreng Mawut biasanya adalah mie basah. Untuk memilih mie yang berkualitas dan aman dikonsumsi, pilih mie dengan warna kuning yang tidak terlalu terang. Warna kuning pucat justru menunjukkan bahwa tidak mengandung pewarna tambahan. Pastikan pula mie masih segar dan tidak berlendir ataupun berbau. Sebagai alternatif, Anda bisa menggantikan mie basah dengan mie bulat atau mie telur.2. Olah mie dengan benarSebelum diolah bersama-sama dengan bahan nasi goreng lainnya, mie memang harus dimasak terlebih dulu. Bila Anda menggunakan mie basah, mie cukup diseduh dengan air panas selama beberapa saat. Sedangkan kalau Anda menggunakan mie telur kering, rebus dulu mie selama beberapa menit hingga melunak. Ingat, Anda tidak perlu memasak mie hingga matang, karena mie masih akan dipanaskan lagi bersama bahan nasi goreng lainnya. Bila mie sudah matang saat diolah dengan bahan nasi goreng lainnya, mie akan jadi terlalu lembek.3. Jangan terlalu banyak menambahkan mieRasio jumlah nasi dan mie yang Anda olah untuk membuat Nasi Goreng Mawut harus sesuai. Sajian yang Anda siapkan adalah nasi goreng, dan bukan mie goreng. Jadi jangan terlalu banyak menambahkan mie, ya. Perkiraan rasio yang tepat adalah sekitar 100 gram mie untuk tiap 2 piring nasi putih.Masalah yang paling umum terjadi bila Nasi Goreng Mawut diolah dengan cara yang salah adalah mie yang terlalu matang, sehingga menjadi lembek saat disajikan dalam nasi goreng. Namun, masalah ini bisa Anda hindari dengan mengikuti tips di atas.Setelah mengetahui tips-tips di atas, Anda siap membuat Nasi Goreng Mawut nan nikmat di rumah. Cara membuatnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat nasi goreng lain, kok. Bumbu halus yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, terasi, dan cabai ditumis hingga harum. Setelah itu, masukkan bahan-bahan nasi goreng seperti suwiran ayam, daun bawang, sawi, telur, nasi, dan mie. Jangan lupa tambahkan bumbu tambahan yang akan menyedapkan sajian nasi goreng, seperti Bango Kecap Manis. Nasi Goreng Mawut pun tersaji dengan mudah. Selamat mencoba! Reference:pekanbaru.tribunnews.com/2016/10/04/nasi-goreng-mawut-adanya-hanya-di-indonesiakooliner.com/blog/menikmati-nasi-goreng-mawut-khas-malang/sajiansedap.grid.id/read/101864616/resep-nasi-goreng-magelangan-enak-campuran-mi-dan-nasi-yang-mantap-untuk-sarapan?page=allblueband.co.id/tips/ingin-makan-mie-dan-nasi-goreng-buat-saja-nasi-goreng-mawut/  

Peluang Usaha Gorengan Beromzet Jutaan Rupiah

Mar 16, 2020

Peluang Usaha Gorengan Beromzet Jutaan Rupiah

Bidang bisnis makanan yang tidak pernah mati ialah gorengan. Kudapan ini paling digemari dan dikonsumsi banyak orang karena cocok menjadi lauk atau camilan saat bersantai. Gorengan tidak hanya dinikmati kalangan anak-anak dan remaja, tetapi juga orang dewasa hingga lansia. Oleh karena itu, bisnis makanan ringan aneka gorengan bisa menjadi alternatif tepat bagi Anda yang ingin membuka usaha.Ada beberapa hal yang patut Anda ketahui sebelum merintis bisnis aneka gorengan agar jajanan jalanan menjadi favorit wisatawan. Yuk simak penjelasan lengkap berikut ini:1. Menyiapkan Modal Usaha yang MemadaiBanyak orang beranggapan bahwa bisnis makanan ringan yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Bisnis gorengan berskala kecil memang tidak butuh banyak modal. Namun, Anda tentu harus menyiapkan modal yang memadai jika ingin mengembangkan bisnis secara serius. Modal usaha nantinya harus dialokasikan untuk menyiapkan alat dan bahan, menyewa tempat, membayar gaji karyawan, dan berbagai kebutuhan penting lainnya.2. Menentukan Lokasi yang StrategisSama seperti jenis bisnis lainnya, bisnis gorengan juga harus menempati lokasi yang strategis. Pastikan bahwa Anda memilih lokasi bisnis di tempat yang lalu lintasnya ramai, aman, dan seakan tak pernah sepi. Beberapa lokasi yang tepat untuk merintis bisnis gorengan yaitu di sekitar kampus dan sekolah, pusat perbelanjaan, dan kawasan perkantoran. Suasana lokasi bisnis yang ramai akan memperbesar peluang peningkatan omzet bisnis Anda.3. Menggunakan Alat dan Bahan BerkualitasPenggunaan alat dan bahan berkualitas harus menjadi prioritas dalam mengembangkan bisnis makanan. Anda harus menyiapkan bujet yang memadai untuk alat-alat dan bahan makanan berkualitas. Pastikan kalau aneka gorengan yang Anda jajakan diproses secara higienis dengan standar baku yang sudah Anda tetapkan sendiri. Beberapa hal penting mengenai kehigienisan yang patut Anda perhatikan antara lain:Proses pengolahan bahan makanan yang bersih.Penggunaan minyak yang bersih dan tidak disaring berkali-kali sampai berubah warna.Peralatan untuk membuat adonan dan menggoreng juga harus selalu bersih.Aneka gorengan yang sudah matang dikemas dalam kemasan yang kandungannya aman untuk makanan.4. Mempekerjakan SDM yang Dapat DiandalkanJangan mengabaikan peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bisnis gorengan Anda. Ketika Anda tidak dapat menangani semua urusan sendirian, Anda harus mempekerjakan SDM yang dapat diandalkan sehingga urusan bisnis tetap dapat berlangsung lancar. Jadi, sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih pekerja yang akan membantu Anda. Beberapa hal penting yang patut Anda pertimbangkan, yaitu:Memilih SDM yang jujur, teliti, dan cekatan agar dapat dipercaya dalam mengelola bisnis.SDM pilihan Anda harus berpenampilan bersih dan rapi serta ramah kepada para pelanggan.Kedisiplinan juga menjadi hal utama yang harus dimiliki SDM untuk mendukung bisnis Anda.Proses pelatihan SDM harus dilakukan sampai SDM tersebut siap membantu mengelola bisnis.SDM unggulan juga harus cepat tanggap dalam menguasai perkembangan teknologi, misalnya dalam hal menggunakan peralatan masak canggih atau mengoperasikan sistem pembayaran digital.5. Mengurus Perizinan Usaha Sesegera MungkinBanyak pebisnis yang mengabaikan urusan perizinan usaha karena terlalu sibuk mengembangkan bisnis. Padahal, perizinan usaha sangat penting untuk mendukung langkah bisnis Anda selanjutnya. Jika Anda memiliki perizinan usaha, Anda bisa menuntaskan urusan pajak secara mudah. Di samping itu, perizinan usaha akan memperbesar peluang untuk mendapatkan kredit usaha ketika Anda mengajukannya ke bank. Bahkan, rencana mengembangkan bisnis menjadi franchise juga butuh perizinan usaha sebagai salah satu syarat utama.6. Menentukan Target Penjualan Secara AkuratTarget penjualan bukan hanya tentang pangsa pasar bisnis yang Anda harapkan. Karena pada dasarnya bisnis makanan ringan berupa gorengan bisa menjangkau pangsa pasar dari seluruh kalangan usia. Jadi, Anda juga bisa menerapkan target penjualan lain dalam bentuk omzet harian. Saat baru memulai bisnis, omzet harian Anda tentu masih terbilang kecil. Namun, nilai omzet tersebut patut ditingkatkan seiring dengan berjalannya waktu. Terutama kalau Anda sudah melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang atau menjalin kemitraan (franchise).7. Mengandalkan Internet untuk Mendukung Proses Promosi ModernBukan bisnis modern namanya jika tidak mengandalkan internet sebagai media promosi.  Selain rasa yang nikmat, membuat bisnis Anda disukai banyak orang satu dari beragam caranya dengan mengandalkan internet sebagai media promosi. Anda bisa memulainya dengan cara membuat akun-akun media sosial secara gratis. Akun media sosial di Instagram, Facebook, dan Youtube biasanya cukup ampuh menarik keingintahuan pengguna internet agar menjadi pelanggan bisnis Anda. Jika sudah memiliki akun media sosial khusus bisnis, selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa hal ini:Mengunggah konten-konten promosi bisnis yang menarik tentang produk gorengan Anda.Membuat selingan konten yang masih berkaitan dengan dunia kuliner agar followers Anda tidak mudah bosan.Membagikan informasi promosi di media sosial, misalnya diskon pada momen-momen tertentu.Mengadakan giveaway dengan syarat share post agar brand bisnis Anda semakin populer.Memanfaatkan jasa selebgram dan influencer lainnya untuk mempromosikan bisnis makanan Anda.Mencantumkan banyak testimoni positif tentang kesan-kesan pelanggan terhadap produk bisnis Anda.8. Melakukan Proses Promosi KonvensionalWalaupun kemajuan teknologi membuat Anda leluasa memanfaatkan internet untuk promosi bisnis, jangan lupa kalau promosi secara konvensional juga tak kalah penting bagi bisnis makanan. Anda bisa melakukannya dengan cara-cara sederhana, yaitu:Membagikan tester kepada calon pelanggan.Menyiapkan brosur dan kartu nama.Mengikuti berbagai pameran untuk meningkatkan omzet sekaligus memperkenalkan brand bisnis Anda.Membuat desain kemasan menarik yang sekaligus bertujuan sebagai media promosi bisnis.9. Menjalin Relasi yang Baik dengan Para PelangganBisnis makanan bisa bertahan menghadapi persaingan pasar yang ketat jika mampu menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan. Oleh sebab itu, Anda mesti memperhatikan saran, kritik, dan ekspektasi yang disampaikan pelanggan maupun calon pelanggan. Proses bisnis makanan harus dijalankan berdasarkan orientasi terhadap kebutuhan dan selera pelanggan.Jika Anda berhasil mendapatkan banyak pelanggan loyal, kemungkinan besar bisnis Anda akan berkembang pesat karena proses promosinya dibantu oleh para pelanggan tersebut. Sebab kekuatan promosi mouth to mouth juga tak bisa dianggap remeh dibandingkan strategi promosi lainnya. Sekarang, menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan juga tak sulit karena Anda dapat memanfaatkan media sosial. Luangkan waktu untuk membalas komentar, pertanyaan, saran, atau kritik yang disampaikan pengguna media sosial tentang produk bisnis Anda.10. Merealisasikan Konsep Kemasan yang Tepat untuk GorenganBisnis aneka gorengan tak boleh dianggap remeh dan harus ditekuni secara serius agar bisa menghasilkan keuntungan besar dan lekas populer. Salah satu hal penting yang wajib Anda lakukan adalah merealisasikan konsep kemasan yang tepat. Pastikan bahwa kemasan untuk produk gorengan Anda memenuhi beberapa kriteria, yaitu:Dapat membungkus gorengan secara praktis sehingga tidak mudah tumpah saat dibawa.Bahannya aman untuk makanan (memenuhi standar food grade) dan ramah lingkungan (mudah terurai ketika dibuang).Desainnya unik, menarik, dan menggunakan pilihan warna yang eye catching.Memuat informasi singkat dan kontak bisnis Anda sehingga bisa berfungsi sebagai media promosi.11. Mengembangkan Inovasi Secara BerkesinambunganSama seperti bisnis lainnya, bisnis makanan ringan berupa aneka gorengan juga butuh inovasi berkesinambungan. Jangan malas mencari informasi tentang bisnis kompetitor sejenis supaya Anda bisa memperoleh ide kreatif untuk berinovasi. Anda bisa mewujudkan inovasi dari segi keanekaragaman bahan baku, teknologi yang digunakan, atau strategi penjualan. Produk kuliner baru yang Anda perkenalkan pasti akan menggugah rasa penasaran para pelanggan yang ingin segera mencobanya. Inovasi berkesinambungan akan membuat bisnis makanan Anda tak tertinggal dari para kompetitor.12. Rekomendasi Produk Istimewa untuk Bisnis GorenganBeberapa jenis makanan berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis gorengan Anda:Bola UbiPopularitas bola ubi kopong memang tak perlu diragukan lagi. Camilan bercita rasa manis ini sering disajikan dengan aneka topping seperti gula halus atau susu cokelat bubuk yang istimewa.Pisang Goreng MaduMembahas tentang bisnis makanan terkenal tentu tak lengkap tanpa menyebut pisang goreng madu. Selain mengandalkan pisang matang yang rasanya manis, penambahan madu membuat cita rasa gorengan ini jadi lebih spesial.Cireng Aneka RasaCireng juga menjadi salah satu jenis gorengan yang disukai semua orang. Kini, varian cireng modern dilengkapi dengan isian aneka rasa seperti keju, kornet, ayam pedas, dan isian menarik lainnya.Pop Chicken (Ayam Gunting)Jenis camilan yang satu ini sangat populer di Taiwan. Pop chicken atau ayam gunting terbuat dari dada ayam yang dilapisi tepung roti dan digoreng hingga renyah. Untuk melengkapi cita rasa pop chicken buatan Anda, jangan lupa gunakan Knorr Bumbu Perisa Ayam Resep Tradisional Hong Kong. Produk Knorr yang satu ini menggunakan ayam pilihan yang diracik dengan bumbu istimewa ala Hong Kong. Rasa bumbu yang sedap dan menggugah selera pasti bikin pelanggan pop chicken ketagihan.Risol MayoRisol kini tak hanya bisa diberi isian berupa potongan kentang dan wortel. Kreasi risol isi mayo bisa menjadi alternatif menarik yang disukai banyak orang. Anda dapat menggunakan mayonnaise Best Mayo Magic supaya isian risol terasa lebih legit dan sedap. Mayonnaise Best Food Mayo Magic cocok untuk hidangan panas karena rasa dan teksturnya tidak berubah hingga suhu 200 derajat Celcius. Untuk melengkapi cita rasa Mayo Magic, Anda juga bisa menambahkan bahan isian lain berupa potongan telur rebus, smoke beef, atau potongan keju cheddar.Tahu BulatTahu bulat adalah alternatif camilan yang tepat untuk Anda yang bosan dengan tahu biasa. Cita rasa tahu bulat sangat gurih dan cocok disantap selagi hangat. Harga camilan ini juga tergolong murah dibandingkan jenis gorengan lain sehingga bisnis tahu bulat dapat membidik target dari semua kalangan usia.Pisang NuggetSelain pisang goreng madu, ada pisang nugget yang bisa menjadi ide bisnis makanan ringan. Pisang nugget biasanya terbuat dari buah pisang matang yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan lain sebelum dibentuk kotak-kotak kecil dan digoreng. Seporsi pisang nugget biasanya dilengkapi aneka topping seperti parutan keju, selai cokelat, selai matcha, dan topping kekinian lainnya.Tempe MendoanMeskipun banyak camilan kekinian yang disukai banyak orang, tempe mendoan tetap bertahan menjadi salah satu primadona. Kelezatan seporsi tempe mendoan hangat yang disajikan dengan sambal kecap memang selalu pas menemani waktu bersantai bersama keluarga.Keripik TempeProduk olahan tempe lainnya yang cocok dimanfaatkan untuk bisnis makanan ringan adalah keripik tempe. Tak cuma lezat sebagai camilan, keripik tempe yang dikemas secara apik juga cocok dijadikan oleh-oleh.Mie Lidi Aneka RasaDahulu, mie lidi goreng hanya terdiri dari dua rasa, yaitu rasa asin dan pedas. Namun sekarang pilihan rasanya lebih beragam. Anda bisa merintis bisnis mie lidi aneka rasa dengan variasi rasa kekinian seperti keju, rumput laut, ayam, sapi panggang dan lainnya.SingkongSingkong merupakan makanan khas Indonesia. Anda bisa menjadikan singkong menjadi ladang emas yang menjanjikan. Jika diolah dengan baik, singkong bisa menjadi makanan yang sangat lezat, bergizi, dan mengenyangkan. Anda bisa membuat jajanan gorengan berbahan dasar singkong menjadi lezat dan mendunia dengan mengolahnya menjadi brownies singkong, skotel singkong, keripik singkong, dan baca selengkapnya di sini. Tak pernah ada kata terlambat untuk merintis bisnis makanan ringan. Jadi, mari mewujudkan rencana bisnis yang sudah Anda rancang. Aneka gorengan bisa diandalkan sebagai produk utama yang repeat order­-nya tinggi karena disukai semua orang. Selamat berbisnis!

Rahasia Kelezatan Masakan Garang Asem

Mar 16, 2020

Rahasia Kelezatan Masakan Garang Asem

Bila Jawa Barat memiliki pepes sebagai sajian khas yang diolah dengan daun pisang, maka Jawa Tengah memiliki Garang Asem. Walaupun sama-sama diolah dengan cara dibungkus dengan daun pisang, cita rasa kedua macam masakan ini jelas berbeda. Garang Asem, sesuai namanya, memiliki rasa asam dan segar yang didapat dari penggunaan bahan seperti belimbing wuluh atau tomat hijau. Rasa asam ini kemudian berpadu dengan cita rasa pedas menciptakan sajian dengan cita rasa yang lezat dan membuat makanan khas Jawa Tengah ini sangat cocok dinikmati dengan nasi hangat.Garang Asem merupakan makanan khas Grobogan, Jawa Tengah. Namun seperti banyak sajian lain di Indonesia, Garang Asem kemudian mengalami beberapa perubahan, sehingga ada banyak variasi sajian Garang Asem yang bisa Anda temukan di Jawa Tengah dan daerah-daerah lain. Garang Asem yang 'asli' biasanya tidak menggunakan santan, sehingga kaldunya bening. Sedangkan, Garang Asem ayam dari Solo kuahnya tidak bening, karena menggunakan sedikit santan atau kocokan telur ayam. Garang Asem dari Yogyakarta lain lagi, karena tidak hanya menggunakan santan, tetapi juga menggunakan daging cincang yang dibentuk bola-bola kecil, dan bukan menggunakan daging ayam kampung seperti Garang Asem dari Grobogan. Selain itu, masih banyak variasi sajian Garang Asem yang bisa Anda temukan di Indonesia.Cara pembuatan garang asem sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, tentu saja ada beberapa faktor yang harus jadi perhatian Anda untuk bisa membuat Garang Asem yang segar dan lezat, yaitu:1. Gunakan ayam kampungSeperti yang telah dibahas sebelumnya, ada banyak variasi sajian Garang Asem, sehingga Anda bisa menggunakan berbagai macam bahan untuk membuat Garang Asem. Namun, bila ingin membuat Garang Asem dengan ayam seperti versi asli-nya, sebaiknya Anda menggunakan ayam kampung daripada ayam negeri. Hal ini sangat penting, karena ayam kampung tidak mudah hancur walaupun dikukus dalam waktu lama. Selain itu, ayam kampung juga membantu menghasilkan kaldu yang lebih gurih, sehingga Garang Asem akan terasa lebih lezat.2. Gunakan bahan asam alamiSalah satu keunikan Garang Asem adalah cita rasa asam-nya yang begitu segar. Rasa asam ini didapat dari bahan-bahan yang dikukus bersama ayam, yaitu tomat hijau atau belimbing wuluh. Dipadukan dengan kaldu dari ayam kampung serta cita rasa pedas dari cabai rawit hijau utuh, Garang Asem akan terasa sangat lezat.3. Gunakan berbagai rempahCita rasa garang asem yang kuat tidak hanya datang dari belimbung wuluh, tomat hijau, dan cabai saja. Siapkan juga berbagai rempah dan bumbu masak lain untuk bumbu Garang Asem buatan Anda, seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, jahe, dan lengkuas.4. Bungkus dengan daun pisang yang tebalGarang Asem harus dibungkus dengan rapat dan rapi, sehingga Anda tidak kehilangan cita rasa dari bumbu dan kaldu ayam yang terbentuk selama proses pengukusan. Agar Garang Asem tidak mudah bocor, gunakan daun pisang yang tebal untuk membungkusnya. Ada juga yang memilih untuk melapisi daun pisang dengan plastik agar bungkusan tidak mudah bocor. Namun, selain kurang baik untuk kesehatan, cara ini juga akan mengubah cita rasa Garang Asem, karena daun pisang yang digunakan untuk membungkus Garang Asem juga membantu meningkatkan cita rasa dan aroma Garang Asem.Bahan-bahan untuk membuat Garang Asem sangat mudah didapat. Cara membuatnya juga relatif tidak sulit. Berminat mencoba?

Lezatnya Gulai Ikan Patin Berlumur Rempah

Mar 17, 2020

Lezatnya Gulai Ikan Patin Berlumur Rempah

Mencari ikan segar di Indonesia memang sangat mudah. Indonesia sangat beruntung sebagai sebuah negara kepulauan yang perairannya berlimpah ikan dari berbagai jenis, baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Karena itu, tidak mengherankan kalau Indonesia juga memiliki banyak sajian khas yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya. Setiap sajian ikan diolah dengan cara yang berbeda-beda, sesuai dengan keunikan dan kekayaan yang dimiliki oleh masing-masing daerah di Indonesia. Misalnya saja, sungai-sungai di Pulau Sumatera sangat kaya ikan patin, sehingga ikan tersebut banyak diolah menjadi berbagai sajian khas di banyak daerah di Sumatera, seperti Gulai Ikan Patin.Mengenal Ikan PatinIkan patin memang merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia. Hampir semua daerah di Sumatera merupakan sentra penghasil patin, ikan patin tak hanya ditangkap dari sungai, tetapi juga dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan ikan patin di Indonesia dan di dunia.Mengapa ikan patin begitu disukai oleh banyak orang? Alasan utama tentu saja karena kelezatannya. Ikan patin memiliki daging yang tebal, tetapi tetap lembut sehingga sangat nikmat disantap dalam berbagai macam olahan. Selain itu, ikan patin juga mengandung nutrisi tinggi. Kandungan asam lemak Omega-3 dalam ikan patin bahkan tidak kalah dengan ikan air laut seperti salmon dan tuna. Selain itu, ikan patin juga mengandung protein tinggi, sehingga sangat membantu menjaga kesehatan. Sebaliknya, kandungan lemak dan kolesterol dalam ikan patin justru cukup rendah, sehingga ikan patin aman dan sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi.Kandungan nutrisi yang tinggi dalam ikan patin membuat ikan air tawar ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah untuk mencegah penyakit kardiovaskular, mengurangi kadar kolesterol, menjaga kesehatan tulang, dan manfaat sehat lainnya. Selain itu, ikan patin juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena kandungan DHA dan omega-3 tinggi dalam ikan patin membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin dan merangsang pembentukan otak janin.Jadi, jangan menganggap remeh ikan patin, ya. Walaupun harganya tidak semahal jenis ikan lain, bukan berarti ikan patin tidak bisa diolah menjadi sajian yang lezat dan bergizi tinggi!Memilih Ikan PatinKesegaran ikan patin yang Anda gunakan punya pengaruh besar dalam kelezatan olahan ikan patin yang Anda siapkan. Dengan cara apapun Anda mengolah ikan patin, Anda tentu harus menggunakan ikan patin yang segar. Bagaimanakah cara memilih ikan patin yang segar? Berikut ini adalah beberapa tipsnya:1. Pilih ikan dengan mata yang bulat dan jernihIkan yang matanya sudah rusak menunjukkan bahwa ikan tersebut sudah disimpan lama. Sebaliknya, ikan dengan mata yang bulat cembung dan jernih menunjukkan bahwa ikan masih segar.2. Periksa sisik dan insangnyaIkan yang segar memiliki sisik yang masih melekat kuat pada tubuhnya. Sedangkan sisik ikan yang sudah mengelupas menunjukkan bahwa ikan sudah lama disimpan dan sudah tidak segar. Selain itu, pilihlah ikan patin yang memiliki insang dengan warna merah cerah yang menjadi tanda bahwa ikan masih segar.3. Pilih ikan dengan daging elastis dan tidak berlendirPilihlah ikan segar yang memiliki daging yang kenyal, tidak lembek, elastis, dan tidak berlendir. Bila  ikan terasa berlendir saat disentuh, berarti ikan tersebut sudah rusak.4. Pastikan ikan bebas formalinFormalin sering digunakan oleh penjual ikan yang bandel untuk mengawetkan ikan, sehingga ikan tidak mudah busuk. Untuk memastikan ikan patin bebas formalin, usapkan jari Anda pada bagian tubuh ikan. Setelah itu, gosokkan jari Anda tersebut pada punggung tangan Anda. Bila punggung tangan Anda terasa gatal, bisa jadi ikan tersebut diawetkan dengan formalin. Cara lain untuk memastikan bahwa ikan patin pilihan Anda tidak mengandung formalin, perhatikan apakah ada lalat yang hinggap pada tubuh ikan. Ikan yang sama sekali tidak dihinggapi lalat justru merupakan ikan yang diawetkan dengan formalin.5. Cek karakter fisik ikan patinUntuk memilih ikan patin berkualitas, pilihlah ikan patin berukuran sedang dan memiliki lemak perut yang tebal. Lemak pada perut ikan inilah yang membuat ikan patin terasa lebih gurih saat diolah dalam masakan.Bila Anda menggunakan ikan patin segar dan berkualitas, olahan ikan patin yang akan Anda siapkan tentu akan terasa lebih nikmat.Tips Mengolah Ikan PatinCara mengolah ikan air tawar seperti ikan patin memang sedikit lebih rumit dibandingkan ikan air laut. Maklum, bila diolah dengan cara yang salah, ikan air tawar akan memiliki rasa lumpur yang tidak enak. Jadi, bagaimana cara terbaik dalam mengolah ikan patin? Beberapa tips berikut ini patut Anda coba saat Anda sedang menyiapkan Gulai Ikan Patin:1. Setelah dibersihkan, potong ikan patin secara melintang. Lapisan lemak tebal di bagian perut ikan patin tidak perlu dibuang, karena lemak inilah yang akan membuat ikan patin terasa lebih gurih. Bagian kepala ikan patin juga bisa diolah dalam masakan. Belah saja kepala ikan menjadi dua, lalu beri sedikit air jeruk nipis.2. Untuk menghilangkan lendir dari ikan patin, rendam ikan dalam perasan jeruk limau. Selain itu, ikan patin yang sudah dibersihkan juga bisa digosok dengan abu gosok, kemudian dibilas hingga bersih dan ditiriskan.3. Cara lain untuk menghilangkan lendir dari ikan patin adalah dengan mencampur ikan patin dengan daun bambu muda dan melumuri permukaan ikan dengan garam. Biarkan selama sekitar 5 menit, lalu remas-remas ikan patin bersama daun bambu. Setelah itu, bilas ikan hingga bersih.4. Untuk menghilangkan bau amis ikan patin, campur ikan dengan timun yang sudah diparut, lalu remas-remas selama sekitar 15 menit. Selain itu, bersihkan pula perut ikan patin dengan campuran garam dan perasan jeruk, lalu gosok-gosokkan garam pada bagian dalam ikan. Terakhir, cuci ikan hingga bersih.5. Untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan patin, masukkan 1-2 lembar roti tawar ke dalam minyak yang akan digunakan untuk menggoreng ikan patin. Setelah itu, goreng ikan hingga matang. Cara ini memang tidak bisa digunakan untuk ikan patin yang akan diolah untuk Gulai Ikan Patin, tapi tentu tetap bisa Anda lakukan saat mengolah ikan patin goreng.Langkah-langkah di atas patut Anda perhatikan saat mengolah ikan patin, sehingga Anda berhasil menghidangkan sajian ikan patin yang segar dan bebas dari bau lumpur.Variasi Gulai Ikan PatinGulai Ikan Patin merupakan salah satu cara mengolah ikan patin yang populer di Indonesia. Sajian ini merupakan sajian ikan khas dari Sumatera, terutama dari Riau dan Jambi. Ikan patin memang mudah didapat di kedua daerah tersebut, karena aliran Sungai Siak, Sungai Kampar, Sungai Rokan, dan Sungai Indragiri merupakan tempat hidup alami ikan patin. Itulah sebabnya ikan patin telah diolah oleh masyarakat lokal menjadi sajian lezat sejak jaman dulu. Namun, bila dahulu masyarakat Sumatera hanya mengolah ikan patin dengan cara digoreng atau dibakar, perlahan-lahan masyarakat Sumatera berkenalan dengan teknik pengolahan serta bumbu yang berbeda dengan teknik dan bumbu yang biasa mereka lakukan. Hal ini terjadi ketika Riau menjadi pusat perdagangan internasional, sehingga banyak pedagang dari berbagai negara yang singgah di Riau dan memberikan pengaruh budayanya pada masyarakat lokal. Hasilnya adalah pengaruh budaya lain seperti Tionghoa, Arab, dan Melayu pada kuliner lokal Indonesia. Salah satunya adalah Gulai Ikan Patin yang sangat terasa pengaruh Melayu-nya.Seperti banyak sajian lain di Indonesia, Gulai Ikan Patin pun memiliki beberapa variasi. Bahkan 2 daerah yang berdekatan di Sumatera, yaitu Riau dan Jambi, masing-masing memiliki jenis Gulai Ikan Patin yang berbeda. Kedua variasi Gulai Ikan Patin menggunakan bumbu dan rempah yang tidak jauh berbeda, di antaranya, kunyit, ketumbar, lengkuas, cabai merah, jahe, adas, serai, bawang merah, bawang putih, dll. Namun, yang jadi pembeda utama antara Gulai Ikan Patin Jambi dan Gulai Ikan Patin Riau adalah penggunaan tempoyak alias durian yang sudah difermentasi.Tempoyak merupakan bumbu khas Indonesia yang banyak digunakan dalam berbagai sajian khas Pulau Sumatera. Bahan ini dibuat dari durian matang pohon yang dihaluskan dan diberi garam, lalu difermentasi dalam wadah tertutup rapat selama 3-5 hari. Hasilnya adalah fermentasi durian yang beraroma menyengat dan memiliki cita rasa khas untuk memberikan rasa asam yang unik pada hidangan. Bumbu ini tidak hanya bisa diolah dalam sajian seperti gulai saja, tapi juga sambal serta bermacam hidangan lain di Sumatera dan Kalimantan. Bahan istimewa inilah yang membedakan antara Gulai Ikan Patin Jambi dengan Gulai Ikan Patin Riau. Namun, karena tidak semua orang menyukai aroma dan rasa tempoyak, bahan ini kadang digantikan dengan santan untuk menghasilkan gulai dengan kuah yang kental.Di Riau dan Jambi, Gulai Ikan Patin merupakan suguhan yang hampir selalu bisa ditemukan di acara-acara penting seperti upacara adat, pernikahan, dll. Tak jarang pula pemilik hajatan yang khusus memesan Gulai Ikan Patin yang dibuat dengan ikan patin yang ditangkap dari sungai, alih-alih ikan patin yang dibudidayakan di tambak. Alasannya karena ikan patin yang ditangkap dari sungai biasanya berukuran lebih besar dan memiliki cita rasa yang lebih gurih. Tekstur daging ikan patin sungai juga dianggap lebih lembut dibandingkan ikan patin tambak. Namun, bukan berarti ikan patin budidaya tambak rasanya kurang enak, ya. Asalkan diolah dengan cara yang tepat menggunakan ikan patin serta bumbu dan rempah segar, Gulai Ikan Patin lezat pun bisa tersaji dengan nikmat.Kelezatan dan manfaat sehat ikan patin memang tidak kalah dengan ikan air laut. Selain itu, ikan patin juga mudah didapat dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan beberapa jenis ikan laut yang lebih populer. Jadi, Anda tidak perlu ragu mengolah ikan patin menjadi sajian yang lezat dan sehat. Apalagi banyak pilihan olahan ikan patin yang bisa Anda coba. Ikan patin tidak cuma bisa digulai saja, tapi juga digoreng, dibuat sup, pindang, serta banyak pilihan sajian lezat lainnya. Sajian ikan patin mana yang paling Anda sukai?