< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Sate Jengkol, Olahan Unik yang Tidak Bau dan Lezat

14 October 2019

Beberapa orang tidak menyukai jengkol karena aromanya yang menyengat. Tapi jangan salah, Jika tahu cara menghilangkan bau jengkol. Anda bisa membuat hidangan lezat untuk keluarga dan orang-orang tercinta.

 

Walaupun baunya menyengat bila dimakan berlebihan, tetapi masih banyak orang yang menyukainya sebab rasanya yang lezat. Jika Anda pandai mengolah jengkol dengan cara, misalnya, dijadikan jengkol rendang, tekstur kenyal jengkol mudah membuat Anda salah tebak.

 

Jengkol memang punya banyak nama. Di Nepal ia disebut dhinyindi, di Myanmar disebut danyin, di Thailand disebut cha niang, dan di Malaysia disebut jiring. Di Indonesia, jengkol sudah lama dikenal sebagai makanan rakyat sejak zaman penjajahan Belanda.

 

Meski orang-orang Eropa tak suka memakan jengkol, kebanyakan orang Indonesia menyukainya. Makanya sekarang kita mudah menemukan berbagai macam menu olahan jengkol. Ada yang membuatnya sebagai rendang. Ada pula yang membuat sate jengkol. Yang populer adalah semur jengkol, yang biasanya mudah ditemukan di warung tegal.

 

Bau menyengat bukan berarti tidak enak

 

Apakah Anda termasuk orang yang tidak menyukai jengkol karena baunya. Jangan salah ada berbagai macam cara untuk mengolah jengkol supaya tidak berbau ketika selesai dimakan. Dengan kata lain, kalau Anda berhasil mengolah jengkol sampai tak berbau, rasanya takkan kalah dengan daging.

 

Jengkol bisa diolah jadi sate. Sate jengkol bisa menemukan makanan ini di Medan. Rasanya lezat dan Pembuatannya pun cukup mudah. Namun, Anda perlu belajar cara menghilangkan bau keras pada jengkol, agar orang yang tidak menyukainya bisa berubah jatuh hati pada makanan yang Anda buat.

 

Berikut cara menghilangkan bau jengkol dengan mudah.


1. Rendam jengkol semalaman

 

Siapkan jengkol yang belum dikupas, kemudian ambil baskom dan rendam di dalam air semalaman. Pakailah air yang sudah dicampur dengan kapur sirih. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan tersedianya air, dan kemudian rendam seluruh badan jengkol di dalam air.


2. Kupas sampai bersih

 

Sebelum dikupas, Anda bisa mencuci jengkol dengan air bekas mencuci beras. Gosok jengkol yang belum dikupas, pelan-pelan sampai bersih. Cara ini ditengarai ampuh untuk menghilangkan bau jengkol yang menyengat. Setelah selesai, Anda bisa mengupas jengkol, kemudian menyiapkan panci dengan daun jambu untuk merebus jengkol.


3. Rebus di dalam daun jambu

 

Siapkan tiga lembar daun jambu biji berukuran sedang. Kalau jengkol yang ingin dimasak lebih banyak, siapkanlah daun sampai lima lembar. Rebus jengkol yang sudah dikupas, di dalam panci, selama lima sampai sepuluh menit.


4. Rempah-rempah boleh donk ditambahkan

 

Jeruk purut, serai, dan daun salam adalah jenis rempah yang mampu menghilangkan bau jengkol yang menyengat. Jadi ketiganya berfungsi untuk menambahkan citarasa jengkol, sekaligus membuatnya jadi lebih empuk. Jangan lupa masukkan rempah-rempah selama proses perebusan di langkah ketiga ya.


6. Terakhir, bikin bumbu kacang

 

Setelah selesai merebus jengkol, terakhir adalah mempersiapkan bumbu kacang. Ada banyak jenis bumbu kacang, namun kali ini kita akan mempersiapkan bumbu kacang untuk sate.

Bahan-bahannya sebagai berikut:

 

  • Kacang tanah
  • Bawang putih
  • Kemiri
  • Bawang goreng
  • Gula merah
  • Kecap manis
  • Minyak goreng
  • Garam

 

Cara membuat bumbu kacang untuk sate:

 

  1. Goreng kacang tanah bersama kemiri dan bawang putih. Tiriskan.
  2. Haluskan kemiri, bawang putih, gula merah dan kacang tanah. Jangan lupa tambahkan bawang goreng.
  3. Setelah halus, pindahkan bumbu ke piring, dan tuang dengan air panas mendidih dalam jumlah cukup. Setelah aduk sampai rata.

 

Ambil jengkol yang sudah direbus, dan campurkan bersama bumbu kacang. Anda boleh membuat jengkol menyerupai sate. Selesai. Selamat menikmati sate jengkol.

 

 

Social Media Post


Facebook Post: Beberapa orang tidak menyukai jengkol karena aromanya yang menyengat. Tapi jangan salah, Jika tahu cara menghilangkan bau jengkol. Anda bisa membuat hidangan lezat untuk keluarga dan orang-orang tercinta. Berikut ini olahan sate jengkol yang lezat dan tidak berbau. Simak selengkapnya berikut ini!

 

Twitter Post: Jengkol bisa diolah jadi sate. Anda bisa menemukan makanan ini di Medan. Rasanya lezat dan Pembuatannya pun cukup mudah. Ingin tahu cara membuatnya? Simak berikut ini.

 

 

Reference:


  • fimela.com/lifestyle-relationship/read/3750298/resep-bumbu-sate-super-lezat-dan-kental
  • kumparan.com/@kumparanfood/agar-tak-bau-yuk-contek-tips-mengolah-jengkol-yang-tepat-1533814983435187717
  • travel.kompas.com/read/2017/11/20/080700627/catat-tips-memasak-jengkol-untuk-mengurangi-bau-dan-pahitnya?page=all
  • fimela.com/lifestyle-relationship/read/3810395/cara-mengolah-jengkol-agar-empuk-dan-tidak-pahit
  • merdeka.com/gaya/4-resep-bumbu-kacang-untuk-berbagai-masakan-dari-pecel-sampai-sate-kln.html
  • idntimes.com/food/recipe/megan/8-trik-masak-jengkol-1



Berita Terkait