< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Sarapan Lezat dengan Burgo Kuah Santan Khas Palembang

17 March 2020

Kota Palembang memang identik dengan Pempek. Selain pempek, sebenarnya Palembang punya banyak makanan khas yang tak kalah lezat. Salah satu yang paling istimewa dan patut Anda coba adalah burgo.

Burgo Palembang adalah sajian berkuah yang mengenyangkan dan terbuat dari bahan dasar ikan. Mau tahu lebih banyak info soal sajian Palembang tersebut? Inilah ulasan selengkapnya!

Bahan-Bahan dan Cara Membuat Adonan Burgo

Kata burgo merupakan sebutan untuk bahan isian berwarna putih yang bentuknya menyerupai kwetiau. Bahan utama burgo terbuat dari campuran tepung beras, tepung sagu tani, air kapur sirih, air, dan sedikit garam. Semua bahan tersebut harus dicampur hingga merata dan bertekstur encer. Teksturnya harus benar-benar tepat agar menghasilkan burgo yang kenyal dan tidak mudah sobek.

Selanjutnya, olesi loyang kue dengan sedikit minyak goreng supaya burgo tidak lengket. Masaklah lapisan-lapisan burgo dengan menuangkan satu centong adonan ke loyang lalu mengukusnya sampai matang. Ulangi proses tersebut sampai adonan burgo habis. Lembaran burgo yang sudah matang dan hilang uap panasnya harus segera digulung dan diiris-iris. Bila burgo telah matang, Anda tinggal membuat kuahnya.

Membuat Kuah Burgo Berbahan Dasar Ikan

Hampir semua hidangan khas Palembang terbuat dari bahan dasar ikan, termasuk burgo. Jenis ikan yang biasanya digunakan untuk membuat kuah burgo adalah daging ikan gabus segar tanpa tulang. Ikan gabus harus dipisahkan dari tulangnya sebelum dicuci bersih, dikukus hingga matang, lalu dihaluskan. Selain ikan gabus, Anda juga patut menyiapkan bahan-bahan lainnya, yaitu:

  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  • Bumbu yang dihaluskan (terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, dan ketumbar sangrai).
  • Daun salam dan batang serai yang sudah dimemarkan.
  • Santan dari setengah butir kelapa.
  • Garam dan merica secukupnya.
  • Knorr Bumbu Ekstrak daging Ayam

Semua bumbu halus harus ditumis dengan minyak goreng sampai matang dan harum. Kemudian, masukkan santan, daun salam dan serai, garam dan merica, serta daging ikan gabus rebus yang sudah dihaluskan. Masak sebentar sampai kuah mendidih sambil terus diaduk. Kuah yang sudah mendidih bisa segera disajikan dengan potongan burgo yang sudah Anda siapkan.

Tambahan Bahan Pelengkap Lain untuk Burgo

Biasanya penyajian burgo Palembang juga dilengkapi dengan taburan bawang goreng dan irisan telur rebus supaya cita rasanya makin gurih. Kalau Anda ingin menikmati burgo yang pedas, Anda bisa membuat sambal cabai rawit rebus yang dihaluskan atau sambal goreng. Sambal cabai rawit akan membuat burgo jadi pedas tanpa mempengaruhi cita rasa aslinya. Sedangkan sambal goreng lebih awet bila disimpan beberapa hari di lemari es. Masyarakat Palembang juga gemar menambahkan air perasan jeruk nipis supaya burgo terasa lebih segar.

Asyiknya Menyantap Burgo di Pagi Hari

Di Palembang, Anda bisa menemukan para penjual burgo dengan mudah di pagi hari. Karena hidangan istimewa yang satu ini memang sering disantap sebagai menu sarapan. Porsi besar dan penyajiannya yang hangat membuat burgo menjadi alternatif menu sarapan yang sangat populer. Anda pasti kenyang dan bersemangat sebelum mulai beraktivitas bila menyantap burgo ketika sarapan.

 

Jadi, kapan Anda akan mewujudkan rencana mengunjungi Kota Palembang? Jika belum sempat ke Palembang tetapi ingin merasakan kenikmatan burgo, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan dasar burgo sangat mudah didapat dan proses pembuatannya juga tak sulit. Burgo Palembang bisa jadi menu sarapan atau selingan istimewa untuk Anda sekeluarga.


Berita Terkait

Soto Bandung yang Kaya Rasa dan Gizi
Berita

Soto Bandung yang Kaya Rasa dan Gizi

14 October 2019

Rahasia Sedapnya Sate Madura
Berita

Rahasia Sedapnya Sate Madura

11 November 2019

Keistimewaan Soto Madura
Berita

Keistimewaan Soto Madura

16 March 2020