< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Rahasia Nasi Goreng Ikan Asin yang Lezat

16 March 2020

Siapa yang tidak suka nasi goreng? Sajian ini begitu banyak penggemarnya, karena mudah disiapkan dan fleksibel diolah dengan berbagai macam bahan. Bahan yang sering diolah dalam resep nasi goreng yang lezat adalah ikan asin. Nasi Goreng Ikan Asin merupakan olahan nasi goreng yang populer di Indonesia.

Di Indonesia, ada berbagai macam ikan asin yang tersedia. Namun, tidak semua jenis ikan asin ini cocok diolah dalam sajian nasi goreng. Lalu, ikan asin apa saja yang bisa Anda gunakan dalam resep nasi goreng? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Teri Medan

Ikan teri berukuran kecil ini biasanya tersedia dalam 2 jenis, yaitu jenis yang asin dan tidak terlalu asin. Untuk sajian nasi goreng, ikan teri Medan yang asin lebih cocok. Ada pula ikan teri jengki yang diasinkan. Namun karena ukurannya yang lebih besar daripada ikan teri Medan, ikan teri jengki agak kurang cocok diolah dalam nasi goreng ikan asin. Tapi tetap ada sajian nasi goreng ikan teri yang menggunakan ikan teri jengki, kok.

        2. Jambal Roti

Ikan asin jambal roti yang terbuat dari ikan mayung dan kadukang ini biasanya memiliki tekstur daging yang tebal. Ikan asin ini juga cocok diolah dalam sajian nasi goreng, asalkan dipotong-potong berukuran kecil.

         3. Ikan asin kipas

Ikan asin kipas biasanya dinikmati dengan nasi hangat untuk sajian nasi ikan asin yang mantap. Walaupun tidak terlalu sering digunakan dalam sajian nasi goreng, ikan asin kipas tetap bisa Anda jumpai di sajian nasi goreng ikan asin. Tapi ikan asin kipas biasanya tidak dicampur dengan nasi goreng, melainkan disajikan sebagai hidangan pendamping nasi goreng, terutama setelah ikan asin dimasak dengan cara balado atau dipadu dengan bumbu cabai pedas.

Jenis ikan asin mana yang jadi kesukaan Anda dan keluarga untuk sajian nasi goreng? Ikan asin manapun yang Anda pilih, pastikan Anda memperhatikan tips-tips berikut untuk membuat sajian nasi goreng ikan asin yang lezat:

1. Gunakan beras pera

Nasi pulen memang enak. Tapi untuk nasi goreng yang lezat, penggunaan beras pulen kurang tepat, karena nasi akan lengket dan menggumpal. Akibatnya, bumbu nasi goreng pun tidak bisa merata dengan baik. Bila Anda tidak memiliki beras pera, masak beras pulen dengan komposisi air seperempat dari porsi air biasa, sehingga beras menjadi lebih pera.

2. Gunakan nasi putih dingin

Nasi putih dingin akan lebih kering dan tidak menggumpal saat diolah menjadi nasi goreng. Kalau nasi yang akan Anda olah menjadi nasi goreng baru saja matang, biarkan nasi selama beberapa saat hingga mencapai suhu ruang sebelum diolah lebih lanjut.

3. Gunakan ikan asin dengan komposisi yang tepat

Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak ikan asin, sehingga nasi goreng tidak keasinan. Bila Anda menggunakan ikan asin jambal roti yang dagingnya lebih tebal, potong ikan asin kecil-kecil sebelum diolah dalam nasi goreng.

4. Seimbangkan cita rasa nasi goreng

Rasa gurih dan asin tentu lebih dominan dalam nasi goreng ikan asin. Tapi seimbangkan rasa gurih dan asin ini dengan penggunaan bumbu yang tepat, sehingga nasi goreng ikan asin menjadi lebih lezat. Penggunaan kecap asin, minyak wijen, atau terasi bisa jadi kunci kelezatan nasi goreng ikan asin buatan Anda. 

Penggunaan ikan asin dalam nasi goreng tak hanya menambah cita rasa dan aroma nasi goreng, tapi juga teksturnya. Cara membuat nasi goreng ikan asin pun tidak sulit dan hanya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Berminat membuat nasi goreng ikan asin untuk sajian hari ini?


Berita Terkait