< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Peluang Usaha Gorengan Beromzet Jutaan Rupiah

16 March 2020

Bidang bisnis makanan yang tidak pernah mati ialah gorengan. Kudapan ini paling digemari dan dikonsumsi banyak orang karena cocok menjadi lauk atau camilan saat bersantai. Gorengan tidak hanya dinikmati kalangan anak-anak dan remaja, tetapi juga orang dewasa hingga lansia. Oleh karena itu, bisnis makanan ringan aneka gorengan bisa menjadi alternatif tepat bagi Anda yang ingin membuka usaha.

Ada beberapa hal yang patut Anda ketahui sebelum merintis bisnis aneka gorengan agar jajanan jalanan menjadi favorit wisatawan. Yuk simak penjelasan lengkap berikut ini:

1. Menyiapkan Modal Usaha yang Memadai

Banyak orang beranggapan bahwa bisnis makanan ringan yang satu ini tidak membutuhkan modal besar. Bisnis gorengan berskala kecil memang tidak butuh banyak modal. Namun, Anda tentu harus menyiapkan modal yang memadai jika ingin mengembangkan bisnis secara serius. Modal usaha nantinya harus dialokasikan untuk menyiapkan alat dan bahan, menyewa tempat, membayar gaji karyawan, dan berbagai kebutuhan penting lainnya.

2. Menentukan Lokasi yang Strategis

Sama seperti jenis bisnis lainnya, bisnis gorengan juga harus menempati lokasi yang strategis. Pastikan bahwa Anda memilih lokasi bisnis di tempat yang lalu lintasnya ramai, aman, dan seakan tak pernah sepi. Beberapa lokasi yang tepat untuk merintis bisnis gorengan yaitu di sekitar kampus dan sekolah, pusat perbelanjaan, dan kawasan perkantoran. Suasana lokasi bisnis yang ramai akan memperbesar peluang peningkatan omzet bisnis Anda.

3. Menggunakan Alat dan Bahan Berkualitas

CjQz384lLkWb9OQ4CsVJMa6Hw1PpsKiF7n2bXpFYSB3nzOetcQ8E-M60oMVeyk3IfB0URXPbypB91VOu_EI2-EwFDXV5P8S4qMtlHjKDbf174LRa9KIOJp02SAqOEFdvRerDOBKnOwQ5p-1HYA

Penggunaan alat dan bahan berkualitas harus menjadi prioritas dalam mengembangkan bisnis makanan. Anda harus menyiapkan bujet yang memadai untuk alat-alat dan bahan makanan berkualitas. Pastikan kalau aneka gorengan yang Anda jajakan diproses secara higienis dengan standar baku yang sudah Anda tetapkan sendiri. Beberapa hal penting mengenai kehigienisan yang patut Anda perhatikan antara lain:

  • Proses pengolahan bahan makanan yang bersih.
  • Penggunaan minyak yang bersih dan tidak disaring berkali-kali sampai berubah warna.
  • Peralatan untuk membuat adonan dan menggoreng juga harus selalu bersih.
  • Aneka gorengan yang sudah matang dikemas dalam kemasan yang kandungannya aman untuk makanan.

4. Mempekerjakan SDM yang Dapat Diandalkan

Jangan mengabaikan peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bisnis gorengan Anda. Ketika Anda tidak dapat menangani semua urusan sendirian, Anda harus mempekerjakan SDM yang dapat diandalkan sehingga urusan bisnis tetap dapat berlangsung lancar. Jadi, sebaiknya Anda tidak sembarangan memilih pekerja yang akan membantu Anda. Beberapa hal penting yang patut Anda pertimbangkan, yaitu:

  • Memilih SDM yang jujur, teliti, dan cekatan agar dapat dipercaya dalam mengelola bisnis.
  • SDM pilihan Anda harus berpenampilan bersih dan rapi serta ramah kepada para pelanggan.
  • Kedisiplinan juga menjadi hal utama yang harus dimiliki SDM untuk mendukung bisnis Anda.
  • Proses pelatihan SDM harus dilakukan sampai SDM tersebut siap membantu mengelola bisnis.
  • SDM unggulan juga harus cepat tanggap dalam menguasai perkembangan teknologi, misalnya dalam hal menggunakan peralatan masak canggih atau mengoperasikan sistem pembayaran digital.

5. Mengurus Perizinan Usaha Sesegera Mungkin

Banyak pebisnis yang mengabaikan urusan perizinan usaha karena terlalu sibuk mengembangkan bisnis. Padahal, perizinan usaha sangat penting untuk mendukung langkah bisnis Anda selanjutnya. Jika Anda memiliki perizinan usaha, Anda bisa menuntaskan urusan pajak secara mudah. Di samping itu, perizinan usaha akan memperbesar peluang untuk mendapatkan kredit usaha ketika Anda mengajukannya ke bank. Bahkan, rencana mengembangkan bisnis menjadi franchise juga butuh perizinan usaha sebagai salah satu syarat utama.

6. Menentukan Target Penjualan Secara Akurat

Target penjualan bukan hanya tentang pangsa pasar bisnis yang Anda harapkan. Karena pada dasarnya bisnis makanan ringan berupa gorengan bisa menjangkau pangsa pasar dari seluruh kalangan usia. Jadi, Anda juga bisa menerapkan target penjualan lain dalam bentuk omzet harian. Saat baru memulai bisnis, omzet harian Anda tentu masih terbilang kecil. Namun, nilai omzet tersebut patut ditingkatkan seiring dengan berjalannya waktu. Terutama kalau Anda sudah melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang atau menjalin kemitraan (franchise).

7. Mengandalkan Internet untuk Mendukung Proses Promosi Modern

Bukan bisnis modern namanya jika tidak mengandalkan internet sebagai media promosi.  Selain rasa yang nikmat, membuat bisnis Anda disukai banyak orang satu dari beragam caranya dengan mengandalkan internet sebagai media promosi. Anda bisa memulainya dengan cara membuat akun-akun media sosial secara gratis. Akun media sosial di Instagram, Facebook, dan Youtube biasanya cukup ampuh menarik keingintahuan pengguna internet agar menjadi pelanggan bisnis Anda. Jika sudah memiliki akun media sosial khusus bisnis, selanjutnya Anda bisa melakukan beberapa hal ini:

  • Mengunggah konten-konten promosi bisnis yang menarik tentang produk gorengan Anda.
  • Membuat selingan konten yang masih berkaitan dengan dunia kuliner agar followers Anda tidak mudah bosan.
  • Membagikan informasi promosi di media sosial, misalnya diskon pada momen-momen tertentu.
  • Mengadakan giveaway dengan syarat share post agar brand bisnis Anda semakin populer.
  • Memanfaatkan jasa selebgram dan influencer lainnya untuk mempromosikan bisnis makanan Anda.
  • Mencantumkan banyak testimoni positif tentang kesan-kesan pelanggan terhadap produk bisnis Anda.

8. Melakukan Proses Promosi Konvensional

Walaupun kemajuan teknologi membuat Anda leluasa memanfaatkan internet untuk promosi bisnis, jangan lupa kalau promosi secara konvensional juga tak kalah penting bagi bisnis makanan. Anda bisa melakukannya dengan cara-cara sederhana, yaitu:

  • Membagikan tester kepada calon pelanggan.
  • Menyiapkan brosur dan kartu nama.
  • Mengikuti berbagai pameran untuk meningkatkan omzet sekaligus memperkenalkan brand bisnis Anda.
  • Membuat desain kemasan menarik yang sekaligus bertujuan sebagai media promosi bisnis.

9. Menjalin Relasi yang Baik dengan Para Pelanggan

Bisnis makanan bisa bertahan menghadapi persaingan pasar yang ketat jika mampu menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan. Oleh sebab itu, Anda mesti memperhatikan saran, kritik, dan ekspektasi yang disampaikan pelanggan maupun calon pelanggan. Proses bisnis makanan harus dijalankan berdasarkan orientasi terhadap kebutuhan dan selera pelanggan.

Jika Anda berhasil mendapatkan banyak pelanggan loyal, kemungkinan besar bisnis Anda akan berkembang pesat karena proses promosinya dibantu oleh para pelanggan tersebut. Sebab kekuatan promosi mouth to mouth juga tak bisa dianggap remeh dibandingkan strategi promosi lainnya. Sekarang, menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan juga tak sulit karena Anda dapat memanfaatkan media sosial. Luangkan waktu untuk membalas komentar, pertanyaan, saran, atau kritik yang disampaikan pengguna media sosial tentang produk bisnis Anda.

10. Merealisasikan Konsep Kemasan yang Tepat untuk Gorengan

Q_3vCchJZF8hTW1YccHvRfymBj4vxrOqODSrrDt_ORLos03HAmIxa5AsVTfmcV4ddM2YCUIuZMIxP9P19LO0tnQho1MiXpV_-ZFvvi-YKDHME6u2gEERRuhKoyqcCDEDheD-cVt9e511wjEUMQ

Bisnis aneka gorengan tak boleh dianggap remeh dan harus ditekuni secara serius agar bisa menghasilkan keuntungan besar dan lekas populer. Salah satu hal penting yang wajib Anda lakukan adalah merealisasikan konsep kemasan yang tepat. Pastikan bahwa kemasan untuk produk gorengan Anda memenuhi beberapa kriteria, yaitu:

  • Dapat membungkus gorengan secara praktis sehingga tidak mudah tumpah saat dibawa.
  • Bahannya aman untuk makanan (memenuhi standar food grade) dan ramah lingkungan (mudah terurai ketika dibuang).
  • Desainnya unik, menarik, dan menggunakan pilihan warna yang eye catching.
  • Memuat informasi singkat dan kontak bisnis Anda sehingga bisa berfungsi sebagai media promosi.

11. Mengembangkan Inovasi Secara Berkesinambungan

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis makanan ringan berupa aneka gorengan juga butuh inovasi berkesinambungan. Jangan malas mencari informasi tentang bisnis kompetitor sejenis supaya Anda bisa memperoleh ide kreatif untuk berinovasi. Anda bisa mewujudkan inovasi dari segi keanekaragaman bahan baku, teknologi yang digunakan, atau strategi penjualan. Produk kuliner baru yang Anda perkenalkan pasti akan menggugah rasa penasaran para pelanggan yang ingin segera mencobanya. Inovasi berkesinambungan akan membuat bisnis makanan Anda tak tertinggal dari para kompetitor.

12. Rekomendasi Produk Istimewa untuk Bisnis Gorengan

Beberapa jenis makanan berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis gorengan Anda:

  • Bola Ubi
8kWvmVPg1yD2b_o1eA-JOKwGdoPqiJQWx0_A9fcbSZFPktrZsf4KnOoYzw-KcXPu39LQqeGQJQ0Uoyq2K0xDozaVeoDwF60yLfYhiOhc09RouH0T2u_Jqz2UDSv0Z4P5JFuUxrunbETwSMg69g

Popularitas bola ubi kopong memang tak perlu diragukan lagi. Camilan bercita rasa manis ini sering disajikan dengan aneka topping seperti gula halus atau susu cokelat bubuk yang istimewa.

  • Pisang Goreng Madu
E_Lrph9jSlHlNoouFxwwaCYoraX3TSoVQuAoLRjEdOa9FCnpLjkVhMJpuR9cdXkC3UM3o5tulTyzVpmiWuktYTFDBp12-88Oev4xEumkNpsp_YMo-NMbDtfqo-zXDgvfvSox63J1dus9o6Xskg

Membahas tentang bisnis makanan terkenal tentu tak lengkap tanpa menyebut pisang goreng madu. Selain mengandalkan pisang matang yang rasanya manis, penambahan madu membuat cita rasa gorengan ini jadi lebih spesial.

  • Cireng Aneka Rasa
Ojq6SEEmk3BgeRm-jOKu43GzNdGFEazOu5YLl8a7Ow6UuePsHuNh16sq1yLZbiv1esZTo9FKzNXKVjFBnrESR7KH4klQiHzuNP5iGp9Bw4SczDYO5GC8zY48IecoDnkBdiGfeXPy-_7sYa_5wg

Cireng juga menjadi salah satu jenis gorengan yang disukai semua orang. Kini, varian cireng modern dilengkapi dengan isian aneka rasa seperti keju, kornet, ayam pedas, dan isian menarik lainnya.

  • Pop Chicken (Ayam Gunting)
n1yWypZ8WcaHUmwLZFBiNStSV_a57_vzb1H0wS5gvL5fywl7JV56SC4yZtFNKiVecakGuZtSrIDsNgQ4YDEzzM-3UPWUORlElmoN4xM74ApQMykgeQebjFcm9DMMRpsiXWEnwtpF8Lqo08abgA

Jenis camilan yang satu ini sangat populer di Taiwan. Pop chicken atau ayam gunting terbuat dari dada ayam yang dilapisi tepung roti dan digoreng hingga renyah. Untuk melengkapi cita rasa pop chicken buatan Anda, jangan lupa gunakan Knorr Bumbu Perisa Ayam Resep Tradisional Hong Kong. Produk Knorr yang satu ini menggunakan ayam pilihan yang diracik dengan bumbu istimewa ala Hong Kong. Rasa bumbu yang sedap dan menggugah selera pasti bikin pelanggan pop chicken ketagihan.

  • Risol Mayo
oFwtTUJQnHojIViw7Ez6JhZdf9JgB_lzvlMIw3WPnjXEvhh6G6JiPnC6gA9mXgQ6u1zY4w9B4IY4OYzWXlwNWXZETDyGgLqbV5UKWumcVU_Xi0_NLPPGpgSJj-gCZ-6IC-e8vrXfl5sjpASymw

Risol kini tak hanya bisa diberi isian berupa potongan kentang dan wortel. Kreasi risol isi mayo bisa menjadi alternatif menarik yang disukai banyak orang. Anda dapat menggunakan mayonnaise Best Mayo Magic supaya isian risol terasa lebih legit dan sedap. Mayonnaise Best Food Mayo Magic cocok untuk hidangan panas karena rasa dan teksturnya tidak berubah hingga suhu 200 derajat Celcius. Untuk melengkapi cita rasa Mayo Magic, Anda juga bisa menambahkan bahan isian lain berupa potongan telur rebus, smoke beef, atau potongan keju cheddar.

  • Tahu Bulat
Il2fNykdN4FP2YE9e1r9FcM0HRtV7RCQDazAier7Vk7raBVtUIANUVKTVcVVPcuT3ll07xOuiB1B47PbJMCEk52DCZXiuSuVDEK1hrch0wUepf97DAOeWcYp7kR8dMh9w69qgzS4GloRmsVbWQ

Tahu bulat adalah alternatif camilan yang tepat untuk Anda yang bosan dengan tahu biasa. Cita rasa tahu bulat sangat gurih dan cocok disantap selagi hangat. Harga camilan ini juga tergolong murah dibandingkan jenis gorengan lain sehingga bisnis tahu bulat dapat membidik target dari semua kalangan usia.

  • Pisang Nugget
siOtpv4VVrJiN3WRpaDXF9wXq6oV_edOB-UZA-thILSw9317Rn9DWwkLlbFA4p-nuKfQ_dMfWH4rRnKK0kKQi4f4JFTVEEu7cFbx1Cr-Q9PemJqMJvX8F5LLWrMN9UqAYoFifbHMlx6N2jeLJw

Selain pisang goreng madu, ada pisang nugget yang bisa menjadi ide bisnis makanan ringan. Pisang nugget biasanya terbuat dari buah pisang matang yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan lain sebelum dibentuk kotak-kotak kecil dan digoreng. Seporsi pisang nugget biasanya dilengkapi aneka topping seperti parutan keju, selai cokelat, selai matcha, dan topping kekinian lainnya.

  • Tempe Mendoan
US-Y5hOEWusiJ9R8Z7KHbtIVpk67lj-1go45ajQO2oyqGBJGqoj2B9cjzyQFK_Qy1-1S5yqwsl6lJnqYsUgYFuRAZpTnhBT1SpOi_x6RQmP_p4ei1XT59QEdxsRh_wevCuclyNGsVYKcc2pAFA

Meskipun banyak camilan kekinian yang disukai banyak orang, tempe mendoan tetap bertahan menjadi salah satu primadona. Kelezatan seporsi tempe mendoan hangat yang disajikan dengan sambal kecap memang selalu pas menemani waktu bersantai bersama keluarga.

  • Keripik Tempe
Y2ouoF-aVhLeCgCfmPBQV3dbzJ-TL_mfuNVoM41iEQW49R_t8nZ7uyGZAC6aqZKR61DMZ3W5-66NWmaR79TwuOXEHbLOTDLBYoE5rQS9uoNya3CrhyRaROYegtfygK_AUeU3AeiR81CJJF4JpA

Produk olahan tempe lainnya yang cocok dimanfaatkan untuk bisnis makanan ringan adalah keripik tempe. Tak cuma lezat sebagai camilan, keripik tempe yang dikemas secara apik juga cocok dijadikan oleh-oleh.

  • Mie Lidi Aneka Rasa
tKXwjdEI0LP_Jxz89dNy1YF5yZ0pZy56Y-nXSt6Rp3ZdA04bDEAbXR8LoCLVryGZ6RFDvVYGKzryB3SfX4yd66XXBCoOefIl0li3Tv5nEyo-VNkbIsfgWWbAC51v30k_PnUwYYXmv-s8wqKFBg

Dahulu, mie lidi goreng hanya terdiri dari dua rasa, yaitu rasa asin dan pedas. Namun sekarang pilihan rasanya lebih beragam. Anda bisa merintis bisnis mie lidi aneka rasa dengan variasi rasa kekinian seperti keju, rumput laut, ayam, sapi panggang dan lainnya.

  • Singkong

Singkong merupakan makanan khas Indonesia. Anda bisa menjadikan singkong menjadi ladang emas yang menjanjikan. Jika diolah dengan baik, singkong bisa menjadi makanan yang sangat lezat, bergizi, dan mengenyangkan. Anda bisa membuat jajanan gorengan berbahan dasar singkong menjadi lezat dan mendunia dengan mengolahnya menjadi brownies singkong, skotel singkong, keripik singkong, dan baca selengkapnya di sini.

 Tak pernah ada kata terlambat untuk merintis bisnis makanan ringan. Jadi, mari mewujudkan rencana bisnis yang sudah Anda rancang. Aneka gorengan bisa diandalkan sebagai produk utama yang repeat order­-nya tinggi karena disukai semua orang. Selamat berbisnis!


Berita Terkait