< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Nasi Goreng Babat: Kuliner Khas Semarang yang Populer

17 March 2020

Membahas tentang Semarang tentu belum lengkap jika tidak menyebut tentang nasi goreng babat. Bukan hanya lumpia dan bandeng presto saja yang populer sebagai makanan khas Semarang. Nasi goreng babat juga menjadi salah satu varian kuliner yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke kota tersebut. Di kota asalnya, masih banyak penjual nasi goreng babat Semarang yang menggunakan arang sebagai bahan bakar untuk menghasilkan aroma khas yang menggugah selera.

Kalau Anda tertarik mencoba membuat nasi goreng babat sendiri di rumah, ulasan lengkap berikut ini bisa menjadi panduan yang bermanfaat bagi Anda.

  1. Memilih dan Menyiapkan Babat yang Berkualitas

Babat merupakan salah satu bahan nasi goreng babat yang harus dipilih secara cermat. Nasi goreng buatan Anda akan terasa sedap jika menggunakan babat berkualitas. Anda harus memilih babat yang masih segar, bertekstur kenyal, dan baunya tidak menyengat. Kemudian, cucilah babat tersebut dengan air mengalir untuk menghilangkan lendir dan kotoran yang melekat pada seluruh permukaannya.

Babat yang sudah dicuci bersih harus direbus dengan campuran garam, daun salam, dan serai. Penggunaan daun salam dan serai penting untuk menghilangkan bau khas pada babat. Rebuslah babat sampai empuk dan tidak berbau. Babat yang sudah matang dan empuk bisa segera diangkat dan diiris tipis-tipis. Selanjutnya, babat yang sudah matang dan sudah diiris siap digunakan untuk bahan campuran nasi goreng.

  1. Menyiapkan Bumbu Halus dan Bumbu Iris

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam membuat nasi goreng babat Semarang adalah menyiapkan bumbu halus dan bumbu iris. Bumbu iris nasi goreng babat berupa bawang merah dan cabai rawit, jumlah cabai rawitnya dapat disesuaikan dengan selera. Sementara itu, bumbu halusnya terdiri dari campuran bawang merah, bawang putih, terasi matang, kemiri, lengkuas, dan cabai merah.

  1. Jangan Lupa Memilih Kecap Manis Terbaik

Kecap manis merupakan bahan nasi goreng babat yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Nasi goreng babat yang terbuat dari kecap manis berkualitas akan terasa gurih dan lebih sedap. Kecap manis juga penting untuk membumbui babat yang ditumis bersama nasi. Kecap yang terbakar di wajan akan menghasilkan aroma smoky yang membuat nasi goreng lebih sedap. Jadi, pilihlah Bango Kecap Manis berkualitas yang rasanya pas dan siap menyempurnakan cita rasa masakan Anda.

  1. Proses Memasak Nasi Goreng Babat

Anda tak butuh waktu lama untuk memasak nasi goreng babat. Mulailah dengan memanaskan minyak goreng secukupnya pada wajan berukuran besar. Jika minyak sudah panas, masukkan bumbu halus serta irisan bawang merah dan cabai rawit. Tumis sebentar sampai semua bumbu tersebut matang dan harum. Selanjutnya, masukkan babat yang sudah matang lalu campurkan dengan kecap, garam, dan merica. Tumis babat sebentar sampai harum sebelum memasukkan nasi. Bila nasi dan babat sudah bercampur di wajan, aduk terus dengan api kompor yang besar supaya matang merata dan beraroma harum. Seporsi nasi goreng babat Semarang paling cocok disantap bersama telur mata sapi dan emping goreng. Jangan lupa pula menambahkan taburan bawang goreng sebagai pelengkap. Kini, Anda tak perlu langsung datang ke Semarang bila ingin menyantap nasi goreng babat. Berbekal bahan-bahan makanan yang ada di dapur Anda, membuat nasi goreng babat khas Semarang jadi lebih praktis dan hasilnya pun pasti menggugah selera. Rasa kangen dengan nasi goreng babat pasti lekas terobati.


Berita Terkait