< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Mencicipi Lezatnya Nasi Lemak Khas Riau

17 March 2020

Hal apa yang terbayang di benak Anda saat mendengar kata nasi lemak? Nasi lemak rupanya tak cuma bisa dijumpai di Malaysia. Makanan lezat tersebut juga menjadi salah satu hidangan khas Riau karena termasuk sajian khas Melayu. Berkunjung ke Riau tentu tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas Riau yang satu ini.

Ulasan berikut ini akan menambah wawasan Anda tentang nasi lemak Riau yang bercita rasa istimewa:

  1. Asal Mula Nama Nasi Lemak

Banyak orang beranggapan bahwa nasi lemak berasal dari penggunaan santan dalam proses pembuatan nasi. Penambahan santan menghasilkan nasi yang rasanya gurih dan teksturnya berminyak. Namun, ada pula yang meyakini bahwa kata “lemak” merupakan serapan dari kata lamak dalam Bahasa Padang yang artinya gurih dan berminyak. Sekilas, nasi lemak memang mirip dengan nasi uduk walaupun sebenarnya kedua jenis hidangan tersebut sangat berbeda.

  1. Menyempurnakan Rasa Nasi Lemak dengan Cermat

Penggunaan santan kental saja belum cukup untuk menyempurnakan rasa nasi lemak. Jadi, alangkah lebih baik bila Anda tak lupa menambahkan kaldu bubuk saat memasak adonan nasi lemak bersama santan. Kaldu bubuk akan membuat cita rasa nasi lemak jadi lebih gurih dan siap dipadukan dengan jenis lauk apa pun. Takaran kaldu bubuk harus tepat supaya nasi lemak kreasi Anda tidak terlalu asin.

  1. Cara Membuat Nasi Lemak Khas Riau

Nasi lemak khas Riau terdiri dari beberapa bahan, yaitu beras pulen, santan kental, daun salam, batang serai yang dimemarkan, serta daun pandan. Cara memasak makanan khas Riau yang satu ini mirip dengan cara memasak nasi uduk. Beras pulen harus dicuci sampai bersih kemudian dimasak bersama santan kental, daun salam, serai, dan daun pandan. Adonan beras harus dimasak sampai teksturnya menjadi kering karena menyerap santan.

Jika ingin menambahkan rasa yang lebih istimewa, Anda juga bisa memasukkan tumisan bawang merah yang sudah di bumbui Royco Bumbu Pelezat Rasa Ayam ke dalam beras yang sedang dicampur dengan santan agar terasa gurih. Selanjutnya, beras yang sudah menjadi nasi aron tinggal dikukus sampai matang. Pemakaian daun pandan membuat aroma nasi lemak berbeda dengan nasi uduk.

Jangan panik dulu jika Anda tidak terbiasa memasak nasi dengan teknik aron. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan perangkat rice cooker. Masukkan semua bahan-bahan nasi lemak ke rice cooker seperti proses memasak nasi biasa.

  1. Padanan Lauk untuk Melengkapi Nasi Lemak

Nasi lemak Riau yang gurih biasanya disajikan dengan beberapa lauk khas, antara lain:

  • Ikan teri asin yang digoreng renyah dan dicampurkan dengan kacang tanah goreng.
  • Ayam rendang. Mayoritas orang menyukai sajian rendang bagian paha ayam karena teksturnya lebih empuk dan mudah menyerap bumbu.
  • Irisan telur rebus.
  • Sambal terasi goreng yang rasanya tidak terlalu pedas.
  • Irisan timun segar.

Selain keempat lauk tersebut, nasi lemak juga bisa dipadukan dengan varian lauk lainnya seperti irisan telur dadar, sambal cumi, sambal goreng kentang, ayam gulai, dan sate ayam. Padanan lauk untuk nasi lemak bebas disesuaikan dengan selera Anda. Jadi, apa lauk nasi lemak yang paling disukai keluarga Anda?

Menyantap nasi lemak hangat bersama keluarga tentu terasa menyenangkan, ya. Anda tak perlu repot membeli nasi lemak jika sedang ingin menikmatinya. Karena sajian nasi lemak nikmat bisa dibuat sendiri di rumah dengan proses praktis dan bahan-bahan yang mudah didapat. Jangan lupa sajikan nasi lemak di atas alas daun pisang supaya aromanya semakin menggiurkan.


Berita Terkait

Rahasia Sedapnya Sate Madura
Berita

Rahasia Sedapnya Sate Madura

11 November 2019