< Kembali ke Berita dan Promo
Image Banner

Bubuk Koya Penambah Kelezatan pada Soto

14 October 2019

Beberapa orang senang memakan soto yang terlihat tidak biasa. Mungkin diantara Anda ada yang senang menyantap soto, dengan tambahan berupa serbuk lezat yang biasanya bisa Anda temukan pada penjual soto Lamongan. Soto jenis ini disebut soto koya. Rasa soto yang memakai koya jauh lebih gurih dibanding soto biasa.

 

Rata-rata harga soto relatif terjangkau. Anda pun bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Jika ingin hidangan untuk keluarga lebih gurih dan pedas, Anda bisa menambahkan koya ke dalam semangkuk soto kuah kuning.

 

Kandungan gizi semangkuk soto

 

Sebagian besar soto mengandung bahan makanan seperti kaldu ayam, soun, kentang goreng, telur rebus, daging ayam bahkan daging ikan salmon bisa Anda kreasikan untuk membuat soto koya salmon. Bahan-bahan ini merupakan sumber makanan yang kaya kalsium, vitamin D, fosfor, dan zat besi.

 

Berbagai jenis protein untuk membantu regenerasi sel dan pertumbuhan otot juga terdapat dalam semangkuk soto. Selain itu makanan seperti soto juga membantu mengatur metabolisme tubuh. Dengan karakteristiknya yang unik, soto juga kaya akan mineral, amino esensial, dan karbohidrat.

 

Bumbu soto juga tidak lepas dari manfaat yang besar. Lengkuas, daun jeruk, garam, serai, daun jeruk, kunyit, merica, jahe, bawang merah dan bawang putih juga membawa manfaat yang bagus bagi tubuh.

 

Bawang putih dan merah, misalnya, mampu membunuh kuman di dalam mulut, anti-oksidan, anti-bakteri, meredakan nyeri, mencegah kanker, serta mampu menurunkan tekanan darah.

Kalori yang terkandung dalam semangkuk soto pun cukup banyak. Semangkuk soto mengandung 312 kalori, yang sangat bermanfaat ketika disantap di pagi hari. Karena itulah pagi hari jadi waktu paling menyenangkan untuk memakan semangkuk soto. Dengan begitu energi Anda akan terjaga sampai sebelum makan siang tiba.

 

Jadi, sebaiknya Anda tidak meremehkan nikmat dan rasa soto yang sangat lezat. Semangkuk soto yang disajikan di pagi hari sudah lebih dari cukup untuk membantu Anda menjalani aktivitas harian dengan maksimal.

 

Cara membuat koya soto

 

Koya pada dasarnya adalah kerupuk udang yang dihaluskan, dan merupakan jenis bumbu tambahan yang sebetulnya mudah dibuat. Jika Anda senang memasak soto dan ingin memanjakan keluarga dengan rasa yang lezat, berikut resep koya sederhana yang bisa Anda bikin di rumah.

 

Pertama-tama Anda perlu mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dulu:

 

  • Kerupuk udang (pilih produk dengan kandungan udang yang tinggi)
  • Bawang putih

 

Cara membuat:

 

  1. Setelah selesai menyiapkan bahan-bahan, Anda perlu menjemur kerupuk udang agar lebih renyah ketika digoreng.
  2. Setelah dijemur hingga kering, goreng sampai renyah. Untuk hasil yang lebih oke, sebaiknya Anda menggunakan wajan cekung supaya kerupuk bisa terendam sempurna di dalam minyak. Pastikan supaya Anda menekan kerupuk ketika mengembang ya. Dan gunakan api sedang ketika menggoreng.
  3. Ambil bawang putih, potong agak tebal supaya tidak mudah gosong saat digoreng.
  4. Siapkan wajan, kemudian goreng bawang putih dalam minyak menggunakan api sedang. Supaya bawang putih tidak tenggelam, pastikan supaya Anda selalu mengaduknya.
  5. Angkat bawang putih dan tiriskan.
  6. Siapkan bawang putih dan kerupuk yang sudah digoreng. Pastikan keduanya sudah benar-benar kering sampai tak ada lagi minyak menetes.
  7. Haluskan kerupuk udang dan bawang putih. Lakukan terus sampai semua bahan halus. Anda bisa menambahkan bumbu soto untuk menyedapkan rasa seperti Royco penyedap rasa sapi sesuai selera.

 

Untuk menggiling kedua bahan tersebut, gunakanlah food processor yang bisa digunakan untuk menggiling biji-bijian dan kacang-kacangan. Cara ini akan menghemat waktu Anda membuat koya. Mudah bukan?

 

 

Reference:

  • resepkoki.id/membuat-koya-homemade/
  • hipwee.com/tips/cara-bikin-bubuk-koya/
  • fimela.com/lifestyle-relationship/read/3809895/cara-membuat-koya-soto-enak-gurih-dari-2-bahan-saja




Berita Terkait