7 Aneka Olahan Nasi Goreng Nusantara yang Lezat dan Mudah

11 November 2019
  • Share

Nasi goreng merupakan salah satu sajian yang sangat mudah didapat di Indonesia. Mulai dari warung di pinggir jalan hingga restoran terkenal, tidak sedikit tempat yang menjadikan nasi gorengsebagai salah satu menunya. Dapat dipahami, nasi goreng memang sangat populer di Indonesia, bahkan di dunia. Tak mengherankan ketika nasi goreng mendapatkan peringkat ke-2 pada daftar World’s 50 Best Foods dari CNN pada tahun 2017 lalu.

 

Seperti banyak masakan khas Indonesia lainnya, nasi goreng muncul dengan berbagai variasi di Indonesia. Variasi bumbu nasi goreng serta bahan tambahan yang digunakan menghasilkan begitu banyak kreasi nasi goreng yang bisa Anda nikmati. Berikut ini adalah 7 variasi sajian nasi goreng yang tidak hanya lezat, tetapi juga mudah disiapkan.

 

1. Nasi Goreng Jawa

 

Bumbu nasi goreng Jawa adalah sambal ulek yang terdiri dari cabai dan bawang. Penggunaan sambal ulek ini tak hanya memberikan cita rasa yang istimewa pada nasi goreng, tapi juga memberi warna merah pada nasi goreng Jawa. Selain itu, nasi goreng Jawa juga dibumbui dengan terasi goreng. Dengan bahan tambahan seperti suwiran ayam, toge, telur, babat goreng, dan bahan lainnya, nasi goreng Jawa menjadi nasi goreng yang disukai banyak orang.

 

2. Nasi Goreng Rendang

 

Ketika Nasi Goreng mendapatkan peringkat 2 pada daftar World’s 50 Best Foods, rendang menjadi sajian Indonesia yang mendapatkan peringkat 1. Lalu, bagaimana bila kedua makanan terbaik di dunia ini berpadu menjadi sepiring Nasi Goreng Rendang? Bumbu rendang yang kaya rasa dari berbagai rempah dipadu dengan nasi putih, lalu ditambahkan dengan daging sapi iris, telur, dan bawang daun. Hasilnya luar biasa. Jadi, ketika Anda memiliki bumbu rendang sisa, jangan langsung dibuang ya. Olah saja menjadi Nasi Goreng Rendang yang lezat!

 

3. Nasi Goreng Gila

 

Sekilas, Nasi Goreng Gila alias nasi gila tampak serupa dengan nasi goreng yang lain. Namun, nasi gila tidak sama dengan nasi goreng biasa, karena nasi pada nasi gila tidak diaduk bersama bahan-bahan lainnya. Jadi, nasi hanya digoreng di wajan dengan bumbu bawang putih, garam, dan lada. Setelah itu, nasi langsung diletakkan di piring. Bahan-bahan lain seperti kol, ayam, ampela ati, dll kemudian ditumis bersama bumbu dan rempah secara terpisah. Setelah bahan tambahan tercampur merata dengan bumbu, bahan tambahan tersebut diletakkan di atas nasi yang sudah dibumbui sebelumnya. Perbedaan ini mungkin sederhana, tapi memberikan cita rasa dan kelezatan yang berbeda pada nasi goreng gila.

 

4. Nasi Goreng Aceh

 

Kelezatan dan keunikan nasi goreng Aceh datang dari berbagai rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu nasi goreng ini. Rasa pedasnya bukan datang dari cabai saja, tapi juga rempah lain seperti kunyit, kapulaga, jintan, pala, merica, dan lain-lain. Sensasi hangat dari rempah-rempah ini pun dirasakan tubuh saat menikmati nasi goreng Aceh. Untuk melengkapi sajian, emping dan acar bawang merah pun tersaji di tepi piring. 

 

5. Nasi Goreng Ikan Asin

 

Gurihnya nasi goreng akan semakin terasa nikmat bila diolah dengan ikan asin. Untuk Nasi Goreng Ikan Asin, Anda bisa menggunakan berbagai macam ikan asin, seperti jambal roti, teri Medan, dll. Trik penting saat membuat nasi goreng ikan asin adalah mengatur proporsi ikan asin dan nasi. Jangan sampai nasi goreng terasa terlalu asin karena terlalu banyak tambahan ikan asin, ya.

 

5. Nasi Goreng Kambing

 

Nasi goreng kambing bisa disebut sebagai salah satu variasi sajian nasi goreng yang paling populer, terutama di Jakarta. Merek Nasi Goreng Kebon Sirih bahkan terus dikenal hingga saat ini, karena sukses menyajikan nasi goreng kambing yang lezat sejak tahun 1958. Bumbu nasi goreng ini adalah rempah seperti kunyit, sereh, kapulaga, lada, dll. Saat membuat Nasi Goreng Kambing, pastikan potongan daging kambing sudah benar-benar empuk sehingga nikmat disantap bersama nasi goreng. 

 

6. Nasi Goreng Mawut

 

Dilema memilih antara mie goreng atau nasi goreng pun menghasilkan Nasi Goreng Mawut, yaitu nasi goreng yang menggunakan mie sebagai salah satu bahan tambahannya. Jadi, sajian nasi goreng ini dijamin mengenyangkan! Bumbu nasi goreng seperti bawang merah, bawang putih, dan kemiri digunakan untuk memperkaya rasa nasi goreng. Jangan lupa tambahkan bahan lain pula seperti kol, toge, telur, atau bahan lain sesuai selera Anda.

 

Keistimewaan nasi goreng adalah cara memasaknya yang mudah. Selain itu, nasi goreng juga mudah dipanaskan dan bisa dinikmati kapan saja.